Ingin Memasang dan Membeli Batu Alam ? Ini yang harus di perhatikan

Iklan
Apakah anda mempunyai keinginan untuk membeli batu alam untuk dipasang di rumah atau proyek bangunan Anda ?? jika ya inilah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih, membeli atau memasang batu alam untuk rumah atau proyek bangunan anda.


1.Memilih Jenis Dan Model Batu Alam
Membeli model batu alam untuk bangunan harus teliti dan jeli, bukan berarti hanya jeli dari segi tawar menawar terhadap penjual batu alam saja melainkan harus jeli dan teliti dari segi model,motif yang ada dan sedang trend, Maksud dan saran saya di sini ialah jika anda ingin membeli batu alam hindari lah model yang sudah ada di dekat rumah anda atau tetangga anda intinya jangan sama dengan tetangga anda!

Jika anda suka dengan model batu alam tersebut dan ingin memasang nya di bangunan anda alangkah baik nya pemasangan nya di tempat berbeda, contoh tetangga anda memasang model tersebut di dinding depan rumah, cobalah anda berkreasi memasang batu alam tersebut di taman belakang rumah, samping atau di pagar rumah anda saja.

google image

Atau anda juga bisa memasang motif yang sama tersebut dengan cara kombinasi, sebagai contoh jika tetangga anda memasang susun sirih andesit, anda bisa juga memasang susun sirih andesit tersebut dengan cara di kobinasi kan dengan susun sirih palimanan maka hasil nya akan terlihat lebih nuik dan elegan.


2.Hindari Membeli Batu Alam Berbeda-beda Tempat
Hindari membeli batu alam berbeda tempat terutama untuk jenis motif alur, itu karena tiap pabrik batu alam berbeda-beda jenis ukuran motif nya , bukan dari segi panjang X lebar nya tapi dari segi garis motif tersebut, karena jika beda pabrik saya jamin bakal berbeda ukuran walau pun batu tersebut mempunyai nama atau motif yang sama.

Tanyakan lah kepada penjual apakah barang tersebut akan ready stok kedepanya atau tidak, jika akan ready stok maka beli lah jika tidak jangan, jika anda tidak mau di buat pusing mencari model dan motif batu yang sama ke tempat penjual yang berbeda jikalau anda kekurangan batu setelah dipasang, kecuali batu jenis bintik atau polos bakar relatif sama, hal ini berlaku bagi rumah tinggal terutama developer pengembang yang memerlukan jumlah batu yang banyak dengan motif yang sama.

image, google image

3.Pikirkan Model Dan Jenis Batu Alam Yang Cocok
Sebelum anda berangkat ke tempat penjual batu alam untuk membeli batu alam, alangkah baik nya anda mempunyai atau gambaran batu alam apa yang cocok untuk dipasang di rumah atau bangunan anda, saran saya cari lah di internet di sana banyak gambaran tentang motif batu alam yang cocok untuk dipasang dirumah atau bangunan anda terkecuali jika anda mempunyai arsitek sebagai ahli bangunan untuk referensi nya.

Jika pembelian anda sedikit lebih baik membawa kendaraan sendiri atau dibawa sendiri dengan kendaraan anda untuk menghindari terkena nya biaya ongkos kirim, karena biasanya jika pesanan anda dibawah 10mtr 2 penjual tidak bisa mengantar batu pembelian anda karena ada pertimbangan lain nya yaitu dari segi perhitungan margin atau keuntungan yang mereka dapatkan.


4.Hindari Menawar Dengan Harga Yang Dibawah Pasar
Hindari penawaran yang terlalu rendah karena harga batu alam selisih penawaran nya tidak jauh dari rp 10.000-20.000/ saja per meter tergantung jenis batu nya dan stok ketersediaan batu tersebut di pasar,

Konsultasikan kepada penjual tentang apa kelemahan dan kekurangan nya batu alam yang akan anda pasang tersebut, maka dari itu carilah penjual batu alam yang tidak pelit informasi dan ramah informasi dan dengan senang hati mau menjelaskan tentang kelemahan dan keunggulan batu alam yang akan kita pasang tersebut.

5.Mintalah Jumlah Meter Persegi Yang Pas
Mintalah hitungan meter persegi yang pas walaupun itu selisih beberapa cm saja, CONTOH: Jika anda membeli batu alam ukuran 20x40 cm jika anda tanya 1 mtr2 ada berapa keping tentu berbeda2 tergantung penjual untuk ukuran 20x40 cm jumlah pas 1mtr persegi yaitu 12,5 keping, Nah kebanyakan penjual menjual dengan hitungan 12 keping karena hitungan ganjil atau tanggung, bisa dibayangkan kalau anda perlu 50 mtr2 selisih nya hampir 25 keping atau sekitar 2mtr persegi.

Jika anda membeli batu alam dengan tips atau saran yang saya sampaikan di atas mudah mudahan anda tidak terlalu di buat bingung untuk membeli batu alam atau setidak nya anda sudah tahu tentang seluk beluk membeli batu alam dan penjual batu alam pun akan senang jika anda punya referensi sendiri tentang gambaran batu alam apa yang akan anda beli, tapi itu bukan berarti anda mengabaikan saran dari penjual batu alam itu sendiri.

Demikianlah tips tentang cara membeli dan memasang batu alam yang cocok untuk bangunan atau rumah anda , dan semoga tips ini membantu dan bermanfaat
kritik saran dan komentar selalu kami terima dengan terbuka
terimakasih
Wasallam...



Langganan Update Lewat Email Gratis:

2 Responses to "Ingin Memasang dan Membeli Batu Alam ? Ini yang harus di perhatikan"