Tips Dan Saran Cara Memasang Batu Alam

Tips Dan Saran Cara Memasang Batu Alam - Memasang batu alam tak jauh berbeda dengan memasang keramik, namun tentu saja ada perbedaan, begitu juga dengan cara memasang koral sikat, Nah berikut ini tips pemasangan batu alam

TIPS DAN SARAN MEMASANG BATU ALAM

1.memasang batu alam umum nya dari bawah lalu ke atas, sedangkan keramik dari atas kebawah, alasan nya? selain beban batu alam yang lebih berat dari keramik, juga untuk memudahkan pemasangan.

2.Sebelum dipasang , batu alam sebaiknya di rendam dahulu dalam air beberapa saat, sebab batu alam memiliki pori-pori yang besar sehingga bila ditempel langsung biasanya mudah lepas.

3.Bila akan dipasang pada dinding atau tiang/pilar ada baiknya jika permukaan dinding sudah di aci/semen sebaik nya di kupas dahulu dinding permukaan nya agar batu alam tidak mudah lepas dan menempel kuat pada dinding.

4.Gunakan lah semen khusus atau semen instan agar batu alam lebih kuat menempel nya, jika permukaan nya memerlukan semen yang tebal lebih baik dicampur pasir yang halus atau sudah di ayak dahulu sebelumnya.

5.Batu alam memiliki presisi yang tidak terlalu pas ukuran nya,selisih dan penyimpangan ukuran pada setiap jenis batu alam bisa mencapai 5 mm sampai 1 cm. 

Jika memiliki persisi yang berbeda hasil nya dipastikan tidak akan rapi,maka memasang batu alam harus dengan tukang yang profesional dan berpengalaman dalam pemasangan batu alam.

6.Setelah dipasang sebaik nya secara bertahap jangan membiarkan, bekas semen/adukan sampai kering di permukaan batu sampai kering,apabila semen didiamkan di permukaan batu sampai kering, maka akan sulit membersihkan nya dan menghilangkan  nya.

7.Setelah pemasangan ,sikat dan cuci permukaan batu alam dan kering kan sampai kering total,kira-kira memakan waktu 12-24 jam tergantung cuaca, lalu lapisi dengan cairan coating/pernis batu alam, Apabila sering terkena air dan panas yang ekstrim batu menjadi anti jamur dan lumut, tahan panas dan mengkilat

Demikianlah Tips dan saran cara memasang batu alam, semoga membantu dan bermanfaat


Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya