Mau Belajar Memasang Batu Alam Sendiri ? Bisa !!

Iklan

Memasang BATU ALAM  pada umum nya dilakukan oleh tukang pasang batu alam atau tukang bangunan yang mengerti tentang tatacara pemasangan batu alam, tetapi terkadang kita di buat bingung jika kita ingin memasang batu alam di rumah kita yang sudah rapi atau sudah di tempati.


Kebanyakan tukang batu alam menerima order pemasangan dengan minimal jumlah meter nya atau ada berapa meter batu alam yang akan dipasang di rumah kita, biasanya minimum tukang batu alam menerima order minimal 10 meter persegi, jika dibawah itu umum nya mereka menolak karena perhitungan biaya transportasi dan lain nya.

Sebenarnya kita bisa juga menyuruh tukang bangunan atau menggunakan jasa tukang bangunan atau tukang pasang keramik untuk memakai jasa mereka untuk memasang batu alam di rumah kita, tapi biasanya tukang tersebut terkadang ada yang ahli di bidang pemasangan batu alam ada juga yang hanya baru bisa dan baru tahap belajar, jika anda mengunakan jasa mereka ada kemungkinan finishing nya kurang rapih, selain itu juga faktor alasan jumlah volume berapa meter persegi yang akan dipasang menjadi pertanyaan para jasa tukang tersebut.


Sebagai contoh kita ingin memasang  Batu alam di dinding depan rumah kira-kira sekitar 4 meter persegi biasanya jika rumah kita masih dalam tahap pembangunan tentu kita tidak ada masalah karena banyak tukang dirumah kita yang bekerja dan kita dapat menggunakan jasa mereka, Tapi apa jadinya apabila kita ingin memasang batu alam jika rumah kita sudah beres dan ditempati tapi ingin memasang batu alam dengan jumlah yang hanya sedikit tentu ini menjadi dilema tersendiri.

Apakah saya bisa memasang batu alam ? jelas bisa sebenarnya itu bukanlah hal yang terlalu sulit karena pekerjaan tersebut nyata dapat dikerjakan dengan tangan kita sendiri dan tidak ada salah nya kita belajar sendiri untuk menambah ilmu pengetahuan kita, walaupun kurang bagus jika itu dikerjakan oleh tangan kita sendiri tentu mempunyai perasaan bangga tersendiri bukan?.
LALU BAGAI MANA CARANYA ? DAN BAHAN APA YANG DIBUTUHKAN ?
Tahapan awal yang kita butuhkan adalah tentu batu alam itu sendiri, pilih lah batu alam apa yang cocok di aplikasi kan di rumah anda, sesuaikan dengan rumah anda dan selera anda, batu model dan jenis apa yang anda suka,carilah dan beli batu yang sesuai di penjual batu alam terdekat di daerah anda.

Bahan dan alat pendukung, alat dan bahan pendukung seperti Mesin potong keramik atau batu alam (wajib) itu karena batu alam memiliki persisi yang tidak sama selain itu untuk memotong batu alam itu sendiri, Lalu semen boleh menggunakan semen instan biasa , siku penggaris atau penggaris biasa , benang dan paku beton.

CARA PEMASANGAN

1.Pilih lah lokasi mana yang akan di pasang batu alam, sebagai contoh kita akan memasang batu alam di dinding depan rumah maka, jika dinding kita sudah di plester atau di cat maka bobok lah dahulu dengan bobokan menggunakan palu untuk membuang sebagian acian yang menempel di dinding tersebut, itu supaya nanti nya semen dan batu alam menempel di dinding dan tidak mudah mengelupas.

2.Pasang lah benang atau menarik benang sebagai patokan kita untuk meluruskan pasangan batu alam,fungsi benang tersebut untuk supaya pasangan batu alam nantinya lurus dan tidak bengkok ke atas dan ke bawah atau ke kanan dan ke kiri.


3.Langkah selanjut nya yaitu memasang batu alam, tapi alangkah baik nya rendam dahulu batu alam dalam air dan jangan terlalu lama setelah itu letakkan semen di atas batu alam dengan rata lalu tempel kan batu alam pada dinding dan ketok pakai  palu secara perlahan sampai rata patokan benang yang awal kita pasang



4.Lalu bersihkan sisa-sisa semen yang meleleh di pinggir batu tersebut, dan lanjutkan dengan pemasangan batu berikut nya secara bertahap , ingat !!! teliti dan lihat lagi  jangan sampai melenceng dari benang patokan.


5.Jika pasangan atau semen ingin cepat kering atau ingin cepat memasang batu selanjutnya di atas batu yang lain agar tidak rontok atau lepas maka bisa dipercepat dengan menaburkan semen kering di atas adukan semen basah tersebut.


6.Jika sudah memasang dapat beberapa meter segera bersihkan permukaan batu dari kotoran semen, jika dibiarkan lama semen akan mengeras di permukaan batu dan mengakibatkan batu kotor tertutup semen , bersihkan dengan air menggunakan busa atau kuas, setelah bersih dilanjutkan dengan memasang batu selanjut nya 




Itulah beberapa tahapan cara pemasangan batu alam yang akan kita pasang sendiri di rumah kita, setelah pemasangan selesai cucilah permukaan batu alam sampai bersih dan jangan ada tersisa noda semen di permukaan batu alam tersebut, karena akan mengakibatkan permukaan batu yang kotor dan belang.

Jika anda akan melakukan pengotingan atau pernis batu alam sebaik nya tunggu dulu hingga pasangan betul-betul kering jika di ruangan terbuka atau terkena matahari langsung bisa menunggu sampai 2x24 jam jika di tempat teduh bisa mencapai 3x24 jam hal itu bertujuan untuk menghilangkan air dan uap dari pasangan batu alam dan semen tersebut, jika dipaksakan dengan pengotingan atau pernis  di saat batu alam atau adukan masih basah nanti nya suatu saat akan timbul lelehan berwarna putih yang susah di bersihkan dan hal itu dapat merusak warna tekstur batu alam tersebut dan terlihat kotor.

Demikian lah tips kali ini tentang  cara Belajar Memasang Batu Alam Sendiri, siapapun bisa sebenarnya memasang batu alam sendiri jika kita mau dan ingin belajar ,hal tersebut tentu jika kita tidak mempunyai tukang pemasangan batu alam atau karena luas bidang yang akan kita pasang hanya sedikit saja.

Terimakasih semoga membantu dan bermanfaat


Langganan Update Lewat Email Gratis:

0 Response to "Mau Belajar Memasang Batu Alam Sendiri ? Bisa !!"

Post a Comment