Ini Penyebab Kolam Hias Atau Kolam Minimalis Bocor

Pemasangan dan pembuatan kolam minimalis saat ini adalah sebuah keharusan bagi orang yang suka dengan keadaan situasi rumah atau taman sekitar rumah menjadi asri, sejuk dan mempunyai rasa tersendiri dengan suara gemericik nya suara air, terutama bagi orang didaerah perkotaan yang merindukan suara gemercik air seperti di daerah pedesaan.


Pembuatan kolam minimalis bagi sebagian orang bukan saja masalah seperti hal di atas tadi yaitu masalah kerinduan suasana air yang mengalir yang membuat suasana jadi tenang dan nyaman tapi juga karena hobi, salah satu hobi nya yaitu memelihara ikan hias seperti ikan koi dan sejenis ikan lain nya.

Tapi tidak semua orang yang mempunyai kolam minimalis tersebut mulus terkadang memiliki kendala salah satu nya yaitu kolam hias atau kolam minimalis bocor.

Kondisi kolam tersebut bocor banyak sekali penyebab nya apalagi dikerjakan bukan dengan tukang yang profesional atau hanya tukang yang hanya bisa membuat tapi tidak bisa menjaga mutu atau kualitas dari kolam tersebut.

Jika kolam minimalis yang memakai batu alam di dalam kolam tersebut bocor kemungkinan salah satu nya yaitu cara pemasangan nya yang salah ,kebanyakan tukang memasang batu alam didalam kolam jika bukan yang ahli seringkali menyebabkan kolam tersebut bocor bahkan rembes.

Hal yang menyebabkan bocor yaitu pas waktu pemasangan batu alam nya, berikut ini adalah anjuran memasang batu alam didalam kolam minimalis agar tidak bocor :

1.Awal pemasangan dinding kolam minimalis harus menggunakan bata merah atau di cor minimal lebar dinding cor 12-15cm dan jangan menggunakan hebel atau batako baik itu batako semen atau batako kapur.

2.Untuk dasar kolam harus di cor minimal 10-12 cm, untuk kolam yang luas dan kubikasi air yang banyak di anjurkan memakai tulang besi beton  dengan jarak minimal 30-40cm.

3.Setelah pemasangan bata atau proses cor selesai lakukan plesteran seperti tembok biasa dengan ketebalan antara 2-3 cm, lihat dan awasi proses plesteran jangan sampai ada yang retak dan plesteran harus rapat

4, Proses yang ke empat ini adalah proses yang paling vital dan penting yang menyebabkan kolam bocor, setelah proses plesteran, pada kebanyakan tukang yang bukan ahli kolam bahkan ada juga yang setelah pemasangan batu bata atau cor bisa nya langsung memasang batu alam jelas ini adalah hal yang harus dihindari dan salah besar .

5.Cara yang benar adalah setelah proses pemasangan batu bata atau cor dilanjutkan dengan pelesteran dan proses acian dengan semen, proses pengacian harus selesai pada waktu itu juga atau hari itu juga jangan menunggu atau disambung besok karena acian jika ditinggal 1 malam sudah kering dan itu kurang baik untuk tahap selanjutnya.

6.Pasanglah batu alam pada dinding kolam hanya dengan acian semen atau bila tidak ingin terlalu boros gunakan komposisi 1 berbanding 1 ( 1 Takaran semen dan 1  Takaran pasir ) usahakan memakai pasir yang halus.

7.Hindari menggunakan paku pada dinding kolam untuk proses pemasangan batu alam, jika terpaksa menggunakan paku, apa batu sudah menempel sega lah cabut paku tersebut dan segera di tambal lubang bekas paku tersebut dengan acian semen yang baik.

8.Periksalah kembali dengan teliti bila ada acian yang retak atau bekas paku yang menempel jika ada segera perbaiki dari pada nanti menyesal harus membongkar ulang semua dinding batu nya dan kembali ke tahap proses no.3.

Jika anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar saya yakin kolam hias atau kolam minimalis anda tidak akan bocor atau rembes sekali pun kecuali menguap terkena udara atau sinar matahari, hal tersebut sering kami praktek kan saat mengerjakan proses pembuatan kolam.

Saya rasa tidak begitu perlu juga dengan cat jenis pelapis anti bocor setelah proses acian pada dinding kolam jika pengerjaan nya baik dan benar, jika anda masih ingin melapisi dengan cat anti bocor sebelum memasang batu alam pada dinding kolam itu juga tidak masalah.

Itulah artikel tentang cara Penyebab Kolam Hias Atau Kolam Minimalis Bocor ,langkah-langkah tersebut terbukti efektif dan sering kami lakukan oleh tim kami dalam pengerjaan pembuatan kolam hias bali, kolam hias minimalis dan kolam sejenis nya.

Demikianlah artikel kali ini yang dapat kami sampaikan semoga berguna,bermanfaat bagi kita yang membutuhkan nya.
Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya