Batu Alam,Harga Batu Alam ,Pasang Batu Alam Merawat Batu Alam Dan Tips Tentang Batu Alam

Iklan
Dewasa ini Penggunaan batu alam semakin hari semakin populer saja, entah itu untu rumah pribadi,rumah kontrakan,gedung bertingkat, taman dan bangunan lain nya.

Berikut ini adalah artikel yang mengenai tentang batu alam yang umum kita gunakan, dari mulai pengadaan barang, daftar harga, cara memasang,cara menggunakan dan cara lain nya tentang pembahasan batu alam.

Manfaat dari batu alam dari para penjual batu alam yaitu untuk mempercantik elemen bangunan masih menjadi tren di kalangan masyarakat. beraneka ragam jenis dan motif batu alam dari para penjual tersebut biasa digunakan sebagai material bangunan untuk dinding dan lantai yang diletakkan di area garas/carpot, teras, pilar, halaman,taman, hingga kamar mandi.

Material alam bangunan dari para penjual yang sedang trend ini berhubungan dengan pola hidup masyarakat yang kembali ke alam atau istilah nya back to nature, baik makanan, obat-obatan hingga tempat tinggal. Secara spesifik tujuan pemakaian batu alam adalah agar tampilan bangunan tidak monoton, kaku dan masif. Selain itu, pemilihan batu alam dari penjual batuan alam sebagai elemen bangunan dapat mengatur atau menyeimbangkan posisi suatu bangunan secara menyeluruh.



Namun untuk mengaplikasikan batu alam  perlu mengetahui ragam dan fungsi dari seluruh batu yang ada di penjual. Hal ini diperlukan guna meminimalisir kesalahan dalam pengaplikasian pemasangan. Sehingga aneka batu batu alam dari penjual batuan alam yang lebih cocok digunakan untuk interior tidak akan digunakan untuk eksterior. Terutama perlu menyelaraskan dengan gaya rumah yang digunakan untuk membuat penampilan jenis batu alam terlihat dinamis.

Jenis batuan alam untuk interior sebetulnya batuan alam yang tidak banyak berlumut, sedangkan untuk eksterior sebaiknya dipilih material alam yang lebih kuat, karena ada jenis material alam yang tidak kuat digunakan di luar rumah. Selain itu, jenis batu alam yang digunakan pun harus dipilih sesuai langgam bangunannya.

Jenis batu alam yang merupakan batu dari alam itu diambil dan diolah sedemikian rupa untuk berbagai macam keperluan dan dan aktivitas. Jenisnya yang beragam membuat manusia berusaha mengolahnya menjadi berbagai macam bentuk dan fungsi. "Seiring dengan perkembangan zaman, maka terdapat beberapa jenis batu alam yang dapat dipilih yaitu mulai dari batu candi, batu paras Yogya, batu granit hingga andesit, dan jenis yang lain nya.

Adapun pola pemasangan batu alam itu sendiri, harus disesuaikan dengan jenis batu alamnya yang bermacam-macam. Dalam proses pemasangannya pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Pola pemasangannya sangat menentukan penampilan batu alam.

Tidak semua batu alam dapat dipasang dengan pola yang sama, hal ini disebabkan oleh sifat fisik dan tekstur batu alam yang berbeda-beda. Mulai dari berbagai macam bentuk finishing hingga batu alam andesit yang menjadi favorit hingga bentuk mosaic batu alam yang eksotis. "Pola pemasangan batu alam tergantung pada kreativitas arsiteknya. Ada yang ingin mengaplikasikan batu alam dengan pola penyusunan sederhana tanpa banyak ukiran, ada yang mengombinasikan ukiran dengan pola-pola tertentu.

CARA PEMASANGAN BATU ALAM


Memasang batu alam tak jauh berbeda dengan memasang keramik, namun tentu saja ada perbedaan, begitu juga dengan cara memasang koral sikat, Nah berikut ini tips pemasangan batu alam:

1.memasang batu alam umum nya dari bawah lalu ke atas, sedangkan keramik dari atas kebawah, alasan nya? selain beban batu alam yang lebih berat dari keramik, juga untuk memudahkan pemasangan.

2.Sebelum dipasang , batu alam sebaiknya di rendam dahulu dalam air beberapa saat, sebab batu alam memiliki pori-pori yang besar sehingga bila ditempel langsung biasanya mudah lepas.

3.Bila akan dipasang pada dinding atau tiang/pilar ada baiknya jika permukaan dinding sudah di aci/semen sebaik nya di kupas dahulu dinding permukaan nya agar batu alam tidak mudah lepas dan menempel kuat pada dinding.

4.Gunakan lah semen khusus atau semen instan agar batu alam lebih kuat menempel nya, jika permukaan nya memerlukan semen yang tebal lebih baik dicampur pasir yang halus atau sudah di ayak dahulu sebelumnya.

5.Batu alam memiliki presisi yang tidak terlalu pas ukuran nya,selisih dan penyimpangan ukuran pada setiap jenis batu alam bisa mencapai 5 mm sampai 1 cm. Jika memiliki persisi yang berbeda hasil nya dipastikan tidak akan rapi,maka memasang batu alam harus dengan tukang yang profesional dan berpengalaman dalam pemasangan batu alam.

6.Setelah dipasang sebaik nya secara bertahap jangan membiarkan, bekas semen/adukan sampai kering di permukaan batu sampai kering,apabila semen didiamkan di permukaan batu sampai kering, maka akan sulit membersihkan nya dan menghilangkan  nya.

7.Setelah pemasangan ,sikat dan cuci permukaan batu alam dan kering kan sampai kering total,kira-kira memakan waktu 12-24 jam tergantung cuaca, lalu lapisi dengan cairan coating/pernis batu alam, Apabila sering terkena air dan panas yang ekstrim batu menjadi anti jamur dan lumut, tahan panas dan mengkilat.

TENTANG APA ITU BATU KORAL SIKAT


BATU KORAL adalah batu-batuan alam yang ditebar pada taman atau disusun seperti mozaik pada lantai rumah yang berfungsi mencegah lantai licin dan menambah keindahan lantai didalam maupun diluar rumah. Selain itu ada juga yang memfungsikan koral sikat sebagai alat pijat refleksi pada kaki karena permukaan lantai koral sikat itulah dibuat lebih menonjol-nonjol.

Bahannya dari batu koral hias (pebbles) yang memangberagam bentuknya. Dari kecil hingga besar, halus dan kasar, hingga warna-warni. Semua sama menariknya jika digunakan sebagai elemen rumah.

Perlakuan terhadap koral hias ini ada 2 yang sering diaplikasikan pada rumah-rumah. Pertama ditabur atau ditebar. Artinya Koral hias hanya ditaburkan atau ditebarkan pada tempat yang telah dibuat khusus untuknya. Yang paling sering ditebar ditaman dengan bentuk tebaran sesuai keinginan.

Tetapi saat ini koral hias juga bisa ditaburkan dilantai didalam rumah sebagai bagian dari elemen interior. Biasanya digunakan sebagai aksen atau menjadi pembagi ruang yang diletakkan di lubang tanpa keramik.

Kedua, ditempel. Inilah yang disebut dengan koral tempel atau koral sikat. Karena membuatnya ditempelkan pada adukan semen kemudian setelah agak kering disikat dengan sikat baja supaya sisa-sisa semen tidak menutupi permukaan koral hias. Koral sikat yang yang telah menyatu dengan adukan semen tadi dapat digunakan sebagai lantai carport, teras, bahkan dinding rumah.

1. KORAL HIAS

Koral hias merupakan elemen penting dalam memberi kesan back to nature pada rumah kita. Koral hias bisa mempunyai peran sebagai salah satu elemen pada taman, teras, atau sudut-sudut ruangan bisa menambah nilai estetika lingkungan sekitar. Selain itu, juga menjadi kombinasi untuk menyeimbangkan material lunak (softscape), karena bebatuan merupakan material keras (hardscape) di sebuah taman.

Selain bersifat dekoratif, Batu koral yang ditabur dan terletak di tanah di bawah atap rumah berfungsi sebagai resapan air. Dengan demikian, tetesan air dari atap akan menuju ke taburan batu koral agar air tidak memercik ke tembok taman.

Hamparan batu koral di taman juga bermanfaat dari segi kesehatan. Ia dapat difungsikan sebagai ornamen relaksasi. Anda dapat mendesain ’’taman terapi’’ dengan menebar atau menyusun batu koral dengan tinggi-rendah dan besar-kecil tertentu agar sesuai dengan kontur telapak kaki. Konsep ini bisa diaplikasikan pada taman rumah, semisal pada jalur setapak bagi pejalan kaki.Anda cukup berjalan di atas taburan batu tadi, dan biarkan bebatuan ini menjadi pemijat refleksi alami untuk kaki yang sering pegal atau lelah.

Saat mengenai telapak kaki, permukaan batu yang kasar akan melancarkan sirkulasi darah. Namun perlu diingat, pilihlah batu yang tidak terlalu runcing atau tajam karena dapat melukai kaki. Carilah batu koral berbentuk oval berdiameter 1-2 cm.

JENIS KORAL HIAS
Beberapa namanya diambil dari nama daerah seperti Koral Lampung, Mik Bali, Batu Alor Surabaya, Ambon, Bengkulu, Pelabuhan Ratu, hingga Batu Flores. Harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan halus tidaknya permukaan batu. Di pasaran, Batu Lampung Super yang paling mahal harganya.

CARA MEMBUAT KORAL SIKAT


Persiapan Media : persiapkan media untuk ditaburi koral hias. Media ini bisa berupa lantai dirumah kita seperti lantai carport, lantai teras atau lantai tangga. Sebelumnya usahakan permukaan lantai dilukai (dibuat kasar) terlebih dulu agar semen dan bidang lantai bisa menyatu. Selain itu bahan-bahannya juga sudah harus siap beserta desain koral sikat yang diinginkan.

1.Membuat Cetakan atau pembatas : 

Cetakan ini gunanya agar motif mozaik koral sikat sesuai dengan ukuran permukaan bidang lantai. Cetakan bisa terbuat dari apa saja, bisa dari kayu atau terbuat dari besi. Penting untuk diketahui agar cetakan atau pembatas ini dilumuri dengan oli terlebih dahulu. Supaya jika sudah mengering, mudah melepas cetakannya.

 2.Adukan Semen : 
Sebagai bahan perekat koral hias adalah adukan semen. Campuran nya adalah semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan air hingga adonan semen pasir pas seperti adonan plesteran tembok.

3.Masukkan Adukan : 
Masukan adukan kedalam cetakan, padatkan dan ratakan. Hal ini penting agar dasar koral sikat ini kokoh dan tidak berongga.

4.Menata Koral : 
Setelah adukan merata dalam bidang cetakannya, barulah kita tata koral hias nya berdasarkan desain yang sudah kita inginkan. Mulailah dari tepi kemudian berlanjut ke tengah. Jika motif koralnya kecil-kecil bisa langsung ditaburkan kedalam cetakan kemudian diratakan agar semuanya menempel pada semen. Jika semua koral hias sudah tertempel, tekanlah koral tadi secara bersamaan agar hasil permukaan koral sikat merata. Anda bisa gunakan triplek atau papan kayu untuk menekannya.

5.Tunggu setengah kering : 
Setelah semua tertempel, tunggulah hasil perpaduan koral sikat dan semen tadi setengah kering atau kurang lebih setengah hari, kemudian sikat dengan sikat kawat agar permukaan koral sikat bagian atas terlihat jelas dan tidak ada semen yang menutupi batu-batu koral hias tersebut. Tetapi ingat jangan terlalu keras saat menyikatnya karena akan membuat beberapa koral hias terlepas. Karena jika terlepas, agak susah mengembalikannya mengingat semen sudah setengah kering.

6.Bersihkan Permukaan : 
Setelah semua disikat, kemudian lap dengan lap basah agar warna koral hias kelihatan. Setelah itu kita tinggal tunggu sampai kering. Biasanya hal ini memakan waktu sekitar 1 hari. Setelah benar-benar kering bisa dilepaskan dari cetakannya atau pembatasnya.

7.Coating : 
Agar permukaan batu bisa awet dan tahan terhadap lumut serta debu, sapukan dengan cairan coating dengan perbandingan 1 liter untuk 6 meter permukaan koral sikat. Ada cara lain untuk membuat koral sikat yaitu mencampurkan langsung antara koral sikat dengan adukan atau acian semen. Cara ini sangat boros koral sikat dan biasanya hanya di pergunakan untuk bidang tegak saja, Untuk lebih jelas nya cara pengotingan batu alam bisa baca di CARA MENGGUNAKAN PERNISH ATAU COATING BATU ALAM

TIPS MEMBERSIHKAN KORAL HIAS


Merawat koral hias terutama jika diletakkan di luar ruangan tidaklah sulit. Di musim panas, lumut dapat hilang dengan sendirinya sementara hujan akan membersihkan debu dan kotoran. Nah, untuk koral dalam ruangan terutama di kamar mandi, Anda bisa membersihkan sendiri. Masukkan koral hias ke dalam ember yang telah diisi air 1/4 ember. Masukkan 4-5 tutup botol, cairan pembersih porselen. Diamkan selama 1-2 jam. Gunakan sarung tangan karet lalu aduk-aduk batu dalam ember. Buang airnya lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, batu siap ditebar kembali.

Batu koral atau batu kerikil adalah jenis batuan bulat tak beraturan yang sering kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari,begitu banyak jenis batu koral sikat tersebut dari mulai yang sering kita lihat di kali,pegunungan bahkan lembah daratan dan batu koral dari lautan.

Batu koral sikat banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia baik itu untuk keperluan pembangun berat seperti mengurug jalan,mengurug pondasi bangunan dan juga untuk hiasan di taman bahkan saat ini bisa juga dipasang untuk lantai yang populer sekali disebut koral sikat.

Jenis batu koral sikat sangat bervariasi mulai dari batuan dari kali yang tekstur nya cenderung lebih kasar dan batu koral dari laut atau hasil tambang yang tekstur permukaan nya lebih halus dibandingkan dari batu yang di ambil dari kali atau sungai.

Saat ini batuan koral ada 2 macam atau dua jenis batuan yaitu jenis batu koral alami ,yaitu batu koral yang asli terbentuk dari alam dengan butiran bulat yang terkadang lonjong tak beraturan dan Batu koral sikat hasil proses penggilingan dari bongkahan batu besar bisa dibilang batu giling contoh nya seperti jenis batu split.

BATU KORAL HIAS
Batu koral sikat saat ini banyak di pergunakan untuk menghiasi bangunan atau rumah seperti dipasang di pagar dinding dan juga dipasang untuk lantai carpot atau garasi, selai itu batu koral sikat dapat dipergunakan untuk area sekitar taman yang dapat mempercantik dan memperindah sekitar taman rumah anda.

Batu koral bisa juga digunakan untuk resapan air, sering kita temui area halaman rumah yang di pasang paving block untuk mencegah halaman kotor dari cipratan tanah yang terkena air, tapi sebenarnya itu dapat mengurangi daya resapan air ke dalam tanah  dan paving block hanya bisa meresap air ke tanah sekitar 15-20 persen saja beda jika dengan menggunakan tebaran koral yang bisa meresap air ke tanah hampir 95 persen.

Jenis batu koral juga bisa di tebar sekitar area tempat jalan kaki fungsinya yaitu untuk refleksi bahkan jika dipasang dengan cara disemen dan dipasang secara berdiri sangat bermanfaat sekali untuk refleksi  khusus seperti melancarkan peredaran darah dan pijatan urat syaraf kaki kita.Saat ini pemasangan batu koral untuk repleksi sudah banyak ditemukan di area taman-taman di perkotaan.

Kegunaan batu koral hias selanjutnya yaitu untuk bangunan diantara nya untuk membuat carpot atau garasi dengan susunan batu koral yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah motif yang kita inginkan seperti model arah mata angin, susunan catur hitam putih atau bisa dibuat model logo apa saja yang di kita inginkan sesuai selera masing-masing.

Selain untuk halaman rumah batu koral juga bisa di tabur untuk dasar kolam ikan hias, akuarium dll yang berguna untung menutupi timbunan lumpur di dasar kolam tersebut, bahkan saat ini batu koral juga bisa di kombinasikan untung penyaringan kolam atau filter air.

Saat ini batu koral berguna juga untuk dipasang di dinding tembok pagar yang apabila dipasang dengan cara yang baik dan teliti dapat menghasilkan pagar dinding yang indah dan kokoh tanpa mengurangi ke anggunan bangunan tersebut.

Banyak sekali fungsi dan kegunaan atau manfaat dari batuan koral hasil alam tersebut yang bisa digunakan untuk keperluan bangunan kita saat ini yang belum dapat kami uraikan satu-per satu, itulah alam yang selalu memberi manfaat untuk kita semua jika dilakukan dengan baik dan benar walaupun hanya sebuah batu koral.

MERAWAT BATU ALAM DAN COTING BATU ALAM

Penggunaan batu alam pada rumah rumah mewah atau bergaya minimalis semakin sering di gunakan, karena orang ingin memberi kesan alami yang menyatu dengan alam pada rumah mereka karena batu alam tak memerlukan cat untuk warnanya dan perawatan nya tidak terlalu sulit, berikut ini ada beberapa tips untuk anda dalam merawat dinding batu alam:

Semprotkan air secara keras atau kencang ke arah batu alam, jika untuk kotoran yang membandel dan tidak rontok dengan air anda perlu memakai alat bantu  seperti  sikat atau kuas dan sabun cuci.

Untuk hasil yang maksimal dan bagus dinding batu alam juga harus atau perlu di coating, jika anda belum pernah meng-coating batu alam tersebut ,lakukanlah dengan coating batu alam,lakukanlah coating batu alam dengan kuas sebanyak 2 lapis atau sampai merata dan diulangi setiap 1 tahun 1 kali.

Perhatikan batu alam pada dinding Anda, jika dalam beberapa bulan, batu alam sudah lepas,itu berarti anda salah memilih perekat atau tatacara pemasangan nya yang juga salah, cara pemasangan batu alam bisa baca di :Cara Pemasangan Batu Alam,ATAU TIPS DAN SARAN MEMASANG BATU ALAM, gunakan lah perekat keramik dinding untuk pemasangan batu alam pada dinding, perekat keramik dinding memiliki daya rekat cukup tinggi karena berbahan dasar semen,pasir pilihan , premium filler dan aditif eropa yang tercampur secara homogen.



MEMBERSIHKAN BATU ALAM


BATU ALAM-Setelah Kita memasang batu alam memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi pasti terkena kotoran entah itu cairan semen atau adukan semen, jika kurang teliti dalam pembersihan nya maka dalam pemasangan batu alam bisa mengakibatkan noda atau bekas semen yang membandel dan susah untuk dibersihkan seperti bercak-bercak putih, kekuningan seperti karat dll.

Jika sudah terlanjur terkena semen atau adukan yang sudah mengering disini kami akan berbagi tips cara membersihkan nya agar terlihat seperti tanpa noda lagi.

Berikut ini adalah Bahan bahan yang perlu disiapkan:


  • sikat kawat
  • Sikat ijuk/sikat plstik (jangan sikat gigi ya smile emotikon )
  • Air keras atau KCL tersedia di toko bahan bangunan
  • Cairan pemberih porslen/wc sejenis pr***ex dan atau sejenisnya
  • Air secukup nya
  • Sarung tangan Plastik atau karet


BERIKUT INI ADALAH CARA ATAU LANGKAH PEMBERSIHAN NYA.

1.GOSOK BATU YANG TERKENA SEMEN PAKAI SIKAT KAWAT SEPERLUNYA

Gosok lah batu yang terkena cat, semen atau adukan dengan sikat kawat untuk memulai tahapan awal pembersihan, agar supaya noda tidak begitu keras disaat menggunakan cairan pembersih


2.TUANGKAN AIR KERAS ATAU KCL EMBER ATAU TEMPAT DARI PLASTIK

Setelah tahapan pertama yaitu menggosok atau membersihkan menggunakan sikat kawat, selanjutnya menyiapkan cairan air keras atau KCL ke ember atau apa saja yang penting terbuat dari plastik.

3.TUANGKAN AIR KERAS KE BATU YANG TERKENA NODA SEMEN SECUKUPNYA

Selanjutnya untuk tahap pembersihan dengan cairan yaitu menganbil cairan KCL di ember menggunakan gelas plastik atau gayung yang kemudian menumpahkan nya di permukaan batu yang terkena kotoran membandel tersebut.

4.LALU GOSOK PAKE SIKAT PLASTIK/IJUK SAMPAI NODA SEMEN HANCUR

Setelah cairan berada di atas permukaan batu maka akan terlihat reaksi kimia seperti mendidih lalu cepatlah gosok lagi menggunakan sikat kawat atau sikat ijuk, hati hati terkena kulit atau mata karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

5.SIRAM DENGAN AIR BERSIH SAMBIL DIGOSOK PAKE SIKAT

Jika kotoran sudah mulai luntur atau mengelupas siram lah dengan air sedikit demi sedikit sambil tetap digosok secara perlahan-lahan.

6.LANJUTKAN DENGAN CAIRAN PROSTEX ATAU PEMBERSIH WC SAMBIL DIGOSOK PAKAI SIKAT

Jika ingin hasil maksimal maka dilanjutkan dengan pembersihan menggunakan cairan pembersih porslen sejenis merk prostex dan sebagai nya dengan cara tetap digosok secara perlahan.

7.BILAS DENGAN AIR BERSIH DAN LIHAT HASIL NYA JADI KINCLONG DAN LEBIH CERAH WARNA NYA.

Setelah itu kemudian bilas dengan air bersih dan tetap di gosok dengan sikat secara perlahan-lahan, jika sudah tidak ada kotoran maka biarkanlah dahulu sampai kering, jika masih ada yang belum mengelupas ulang lagi di tahapan no 3


Hal-hal yang harus diperhatikan :
‪#‎PAKAI SARUNG TANGAN WAKTU MEMBERSIHKAN KARENA AIR KERAS ATAU CAIRAN PEMBERSIH WC DAPAT MENYEBAB KAN IRITASI DAN GATAL2 DI KULIT
‪#‎HATI‬-HATI  TERKENA MATA

 JENIS COATING BATU ALAM

Coating atau pernis batu alam adalah jenis larutan ACRYLIC RESIN yang dibuat dengan formulasi khusus untuk di aplikasikan pada permukaan batu alam.
Penggunaan coating pada batu alam dapat membuat batu alam lebih tahan terhadap cuaca, karena cara coating batu alam adalah meresap dan melapisi dinding pori-pori batu alam, sehingga air (hujan) tidak dapat lagi masuk ke pori-pori batu.

COATING batu alam dapat di aplikasikan pada berbagai jenis batu alam.
BERIKUT INI JENIS COATING BATU ALAM:

1.NATURAL
Coating natural dikhususkan untuk jenis batu berwarna putih, cream atau motif serat contoh batu paras jogja atau palimanan dikarenakan jenis coating tersebut berjenis natural maka tidak menimbulkan perubahan jenis warna pada warna batu tersebut tetapi dapat melapisi dari serangan lumut , debu, air dan kotoran jenis lain nya sehingga mudah dibersihkan, jadi hasilnya tetap natural seperti warna batu aslinya.

2.CANDI (HITAM)
Jenis coating ini tentu di khusus kan untuk jenis batu candi yang cenderung berwarna hitam dan berpori, kegunaanya adalah meningkatkan warna hitam pada batu candi tanpa mengurangi kesan alami dari batu tersebut.
sangat cocok diaplikasikan pada batu candi, tapi saat ini coating batu candi  dapat juga di aplikasikan untuk batu andesit agar supaya warna batu andesit jadi lebih hitam pekat, tapi kembali ke selera pemakai untuk  kebutuhan warna yang diperlukan.

3.GLOSS
Coating jenis gloss adalah coating yang berjenis bening dan memberi kesan hasil kilap pada permukaan batu alam, coating jenis ini banyak dipergunakan  untuk melapisi berbagai jenis batu alam seperti batu andesit, palimanan, fosil,sukabumi, templek dll. dan hampir semua jenis batu alam menggunakan jenis coating ini karena kesan basah dan mengkilapnya yang banyak di gandrungi oleh pengguna batu alam.

4.COATING ANDESIT
Jenis coating ini biasanya di khususkan untuk batu jenis andesit , hasil finishing nya hampir sama dengan coating gloss cuman ada perbedaan dari warna nya yaitu agak gelap atau hitam jadi hasil finishingnya adalah basah mengkilap tapi agak gelap atau jenis warna batu jadi lebih tua dari warna batu aslinya.

5.DOFF
Jenis coating ini untuk jenis andesit, warna finishingya yaitu basah tapi tidak mengkilat ,warna yang dihasilkan seperti warna batu aslinya tidak ada perubahan warna yang signifikan memakai jenis coating ini.


CARA PEMAKAIAN NYA BAGAI MANA?????


1.Bersihkan batu dari sisa semen, debu, minyak, cat atau kotoran lainya supaya coating dapat meresap dan menempel sempurna pada permukaan batu alam.

2.pastikan cuaca panas atau tidak hujan dan batu kering dari air sisa pembersihan tadi dan harus benar-benar kering.

3.lapiskan/cat kan coating batu alam pada batu memakai kuas atau bisa juga di semprot pakai kompresor untuk hasil yang lebih sempurna.

4.setelah pelapis pertama kering (15-20menit) dapat dilakukan pelapisan berikutnya bila di inginkan, tetapi satu lapis juga sudah bagus ,penggunaan lapisan ke 2 bila menginginkan hasil yang lebih maksimal. pastikan seluruh batu dilapisi dengan merata supaya tidak terlihat belang hasilnya.

5. daya sebar 1kaleng/1liter coting bisa  melapisi 5-8 mtr2 tergantung jenis batu dan porositas batu, biasnya untuk batu candi penggunaan lebih boros karena jenis batu tersebut mempunyai pori-pori yang banyak dan lebar.

TIPS MEMBELI BATU ALAM

 Apakah anda mempunyai ke inginan untuk membeli batu alam untuk dipasang di rumah atau proyek bangunan Anda ?? jika ya inilah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih, membeli atau memasang batu alam untuk rumah atau proyek bangunan anda.

Membeli model batu alam untuk bangunan harus teliti dan jeli, bukan berarti hanya jeli dari segi tawar menawar terhadap penjual batu alam saja melainkan harus jeli dan teliti dari segi model,motif yang ada dan sedang trend, Maksud dan saran saya di sini ialah jika anda ingin membeli batu alam hindari lah model yang sudah ada didekat rumah anda atau tetangga anda intinya jangan sama dengan tetangga anda!



Jika anda suka dengan model batu alam tersebut dan ingin memasang nya di bangunan anda alangkah baik nya pemasangan nya di tempat berbeda, contoh tetangga anda memasang model tersebut di dinding depan rumah, cobalah anda berkreasi memasang batu alam tersebut di taman belakang rumah, samping atau di pagar rumah anda saja.

Atau anda juga bisa memasang motif yang sama tersebut dengan cara kombinasi, sebagai contoh jika tetangga anda memasang susun sirih andesit, anda bisa juga memasang susun sirih andesit tersebut dengan cara di kobinasi kan dengan susun sirih palimanan maka hasil nya akan terlihat lebih nuik dan elegan.

Hindari membeli batu alam berbeda tempat terutama untuk jenis motif alur, itu karena tiap pabrik batu alam berbeda-beda jenis ukuran motif nya , bukan dari segi panjang X lebar nya tapi dari segi garis motif tersebut, karena jika beda pabrik saya jamin bakal berbeda ukuran walau pun batu tersebut mempunyai nama atau motif yang sama.

Tanyakan lah kepada penjual apakah barang tersebut akan ready stok kedepanya atau tidak, jika akan ready stok maka beli lah jika tidak jangan, jika anda tidak mau di buat pusing mencari model dan motif batu yang sama ke tempat penjual yang berbeda jikalau anda kekurangan batu setelah dipasang, kecuali batu jenis bintik atau polos bakar relatif sama, hal ini berlaku bagi rumah tinggal terutama developer pengembang yang memerlukan jumlah batu yang banyak dengan motif yang sama.

Sebelum anda berangkat ke tempat penjual batu alam untuk membeli batu alam, alangkah baik nya anda mempunyai atau gambaran batu alam apa yang cocok untuk dipasang di rumah atau bangunan anda, saran saya cari lah di internet di sana banyak gambaran tentang motif batu alam yang cocok untuk dipasang dirumah atau bangunan anda terkecuali jika anda mempunyai arsitek sebagai ahli bangunan untuk referensi nya.

Jika pembelian anda sedikit lebih baik membawa kendaraan sendiri atau dibawa sendiri dengan kendaraan anda untuk menghindari terkena nya biaya ongkos kirim, karena biasanya jika pesanan anda dibawah 10mtr 2 penjual tidak bisa mengantar batu pembelian anda karena ada pertimbangan lain nya yaitu dari segi perhitungan margin atau keuntungan yang mereka dapatkan.

Hindari penawaran yang terlalu rendah karena harga batu alam selisih penawaran nya tidak jauh dari rp 10.000-20.000/ saja per meter tergantung jenis batu nya dan stok ketersediaan batu tersebut di pasar,

Konsultasikan kepada penjual tentang apa kelemahan dan kekurangan nya batu alam yang akan anda pasang tersebut, maka dari itu carilah penjual batu alam yang tidak pelit informasi dan ramah informasi dan dengan senang hati mau menjelaskan tentang kelemahan dan keunggulan batu alam yang akan kita pasang tersebut.

Mintalah hitungan meter persegi yang pas walaupun itu selisih beberapa cm saja, CONTOH: Jika anda membeli batu alam ukuran 20x40 cm jika anda tanya 1 mtr2 ada berapa keping tentu berbeda2 tergantung penjual untuk ukuran 20x40 cm jumlah pas 1mtr persegi yaitu 12,5 keping, Nah kebanyakan penjual menjual dengan hitungan 12 keping karena hitungan ganjil atau tanggung, bisa dibayangkan kalau anda perlu 50 mtr2 selisih nya hampir 25 keping atau sekitar 2mtr persegi.

Jika anda membeli batu alam dengan tips atau saran yang saya sampaikan di atas mudah mudahan anda tidak terlalu di buat bingung untuk membeli batu alam atau setidak nya anda sudah tahu tentang seluk beluk membeli batu alam dan penjual batu alam pun akan senang jika anda punya referensi sendiri tentang gambaran batu alam apa yang akan anda beli, tapi itu bukan berarti anda mengabaikan saran dari penjual batu alam itu sendiri.

TIPS MENGGUNAKAN JASA TUKANG BATU ALAM

Secara umum batu alam yang di produksi di Indonesia masih dalam skala kecil atau home industry yang berakibat kepada rendahnya kualitas dalam hal Presisi. Ke-akuratan ukuran yang sangat rendah ini bahkan  bisa mencapai 8 mm dari ukuran yang sebenarnya, dan sangat  berpengaruh saat batu alam Indonesia di butuhkan oleh pasar mancanegara yang menuntut skala presisi tinggi bagi tiap ukuran yang dibutuhkan yang akhirnya mereka lebih memilih produk dari negeri lain.

Karena hal tadi di atas maka batu alam pemasangan nya memerlukan penanganan khusus dengan tukang pasang yang sudah mengerti dan berpengalaman memasang batu alam, walaupun pada dasarnya cara pemasangan batu alam ini tidak berbeda jauh dengan material bangunan lainnya.

Namun begitu batu alam tidak seperti keramik yang merupakan produk pabrik sehingga ukurannya pun terjaga ke akuratan nya. Hal ini terkadang berakibat pada enggannya konsumen memilih batu alam sebagai tambahan nilai konfigurasi estetiknya untuk di aplikasikan ke rumah dan bangunan mereka karena mereka sudah punya tukang sendiri sehingga timbul ketakutan kalau-kalau hasil pasangannya nanti tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk mengatasi hal ini salah satu jalan keluarnya adalah dengan membawa tukang ke tempat pembelian batu alam dan minta di terangkan kepada penjualnya bagaimana proses dan teknik yang baik cara memasang batu alam, karena pada dasarnya, teknik pemasangan batu alam tidak berbeda dengan material bangunan lainnya misalnya keramik, hanya memang ada teknik khusus yang lazim dilakukan untuk mengatasi ke-kurang presisi-an batu alam ini, dan penjual yang baik biasanya menerangkan dengan gamblang hal ini.

Memang ada beberapa jenis batu alam  yang benar-benar harus membutuhkan seorang tukang pasang yang sudah berpengalaman, sebagai contoh nya adalah batu jenis templek yang bentuknya tidak beraturan atau disebut acak. Menilik bentuknya yang tidak umum, pengalaman cara memasang nya  sangat di butuhkan agar mendapatkan bentuk yang konfiguratif sehingga hasil akhir pemasangan akan tampak indah.

Jika anda ingin memasang batu alam dengan tukang yang profesional yaitu ada dua pilihan atau cara yaitu:

Cara yang  pertama adalah borongan. Borongan ini berarti harga yang di sampaikan sudah mencakup; batu alam, tukang dan wess tapi biasanya di luar semen pasir. Kelebihan cara ini adalah pemborong atau penjual batu alam bertanggung jawab sepenuhnya apabila disepakati bahwa hasil pasangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. kekurangannya adalah harganya yang lebih tinggi dari cara kedua karena pihak penjual atau pemborong juga harus memperhitungkan hal-hal teknis lain ketika proyek itu berlangsung.

Cara yang kedua adalah dengan memisahkan antara batu alam yang terkirim dengan ongkos pasang. Penjual hanya menjual batu dan mencarikan tukangnya saja. Pada cara ini biasanya penjual batu alam menghitung batu alam yang telah terkirim sesuai surat jalan, ingat; sesuai surat jalan. Karena biasanya volume batu alam yang terkirim lebih besar dari volume bidang pasang. Dalam hal ini berkaitan dengan wess atau potongan batu yang tidak dapat di pasangkan kembali. Sedangkan ongkos tukang biasanya langsung antara yang punya rumah dengan tukang. Kelebihan cara ini harga akan lebih murah dari pada cara pertama sedangkan kekurangannya adalah bahwa costumer tidak bisa complain kepada penjual batu alam apabila hasil pekerjaan tidak maksimal, pihak costumer hanya berhubungan dengan tukang pasang sedangkan penjual batu alam hanya sebagai mediator.

PESONA BATU ALAM


Pesona batu alam tak ada habisnya, ia mampu memberi kesan alami sekaligus mempercantik tampilan rumah. Tak heran, jika banyak orang mengaplikasi material ini. Salah satunya di fasad rumah.

Salah satu cara untuk mendapatkan fasad yang cantik dan menarik, yaitu dengan memainkan finishing-nya. Dari sekian banyak finishing yang ada, batu alam adalah material yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan fasad rumah menjadi lebih alami. Kehadirannya juga dianggap dapat menetralisir kesan kaku bangunan. Beragam orang memiliki pendapat berbeda mengapa menggunakan finishing batu alam. Ada yang suka karena warna, motif, atau tekstur nya. Tetapi, bagaimana caranya biar tampilan batu alam dapat memikat fasad rumah Anda?

Pilihannya Apa Saja sih?
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jangan sembarangan pilih batu alam. Anda harus mengenal karakteristik nya agar sesuai dengan konsep nya. Setidaknya ada 5 jenis material batu alam yang sering dipergunakan untuk dijadikan fasad, yaitu batu candi, paras, lempeng kali, andesit, dan marmer. Ini dia karakteristik nya.

Batu candi mudah menyerap air karena berpori besar, berwarna gelap, dan memiliki tekstur kasar. Batu paras mudah menyerap air karena berpori besar, berwarna terang (kuning, hijau, cokelat, dan putih), dan bertekstur halus. Batu lempeng kali memiliki pori kecil, berwarna gelap, dan keras. Batu Andesit memiliki pori kecil, berwarna gelap, dan keras. Batu marmer memiliki pori kecil, warna terang (abu-abu, krem, broken white), keras, dan paling mahal.
Catatannya, semakin besar pori semakin rentan batu berlumut. Anda wajib meng-coating batu untuk meminimalisir masalah yang timbul. Selain itu, semakin muda warnanya akan semakin mudah terlihat jika kotor.

Dimana Meletakkannya?

Sah-sah saja Anda meletakkan batu alam di manapun. Tetapi perlu diingat, jangan sampai kahadiran batu alam merusak tampilan wajah rumah. “Kalo saya, sih, menyarankan batu alam jadi aksen atau point of interest. Bukan jadi elemen utama yang mendominasi semua fasad, Perbandingan antara dinding batu alam dengan dengan dinding bidang fasad lainnya tidak melebihi 40%,” tambahnya.
Sedangkan untuk perletakannya, lebih menekankan sifatnya mengelompok dalam satu bidang dan tidak menyebar. “Kalo sudah di area tengah, ya area tengah saja. Misal, di sepanjang dinding dari mulai teras, balkon, hingga plafon atap di atas balkon, menggunakan batu. Sisanya, cukup menggunakan dinding finishing cat saja,” ungkapnya.

Bagai mana cara memasangnya? Mudah, kok!
Memasang batu alam tak jauh berbeda dengan memasang keramik. Sebelum dipasang, rendamlah batu alam di dalam air. Lalu, tempelkan plesteran semen ke dinding dan tempelkan batu alam ke plesteran tersebut. Plesteran yang digunakan harus menggunakan semen khusus atau semen instan agar batu alam lebih kuat menempel. Semakin jelek kualitas plesteran dipastikan batu alam akan mudah lepas dari dinding.

Jangan lupa untuk mengetuk-ngetuk batu dengan palu atau pegangan sekop agar menempel sempurna. Lakukan hingga semua bidang terpasang. Setelah pemasangan, sikat permukaan hingga bersih dari cipratan plesteran dan keringkan. Lalu, lapisi dengan cairan coating. Untuk tambah memperkuat keindahan batu alam, lindungi permukaannya dengan anti jamur dan lumut. Dengan pemasangan yang tepat, fasad dari batu alam makin tampil memikat, kan?

Demikianlah kumpulan artikel tentang batu alam,pasang batu alam,tips batu alam,jasa tukang batu alam,merawat batu alam,coating batu alam dan membersihkan batu alam, Semoga membantu dan bermanfaat


Langganan Update Lewat Email Gratis:

3 Responses to "Batu Alam,Harga Batu Alam ,Pasang Batu Alam Merawat Batu Alam Dan Tips Tentang Batu Alam"

  1. artikel batu alam yang menarik dan informatif

    ReplyDelete
  2. mantap gan ,artikel tentang informasi batu alam yang inspiratif dan informatif LANJUTKAN !!

    ReplyDelete
  3. mantap gan ,artikel tentang informasi batu alam yang inspiratif dan informatif LANJUTKAN !!

    ReplyDelete