Cara Memasang Batu Alam Palimanan Teknik Random

Iklan
Apa yang di maksud batu Palimanan dan cara memasang batu alam dengan batu ini? Seperti halnya maksud dari batu Purwakarta, Batu Cirebon dan sebagainya. Apakah berbeda, memiliki ciri khas sehingga harus dinamai batu Palimanan? Dan apakah cara pemasangannya secara khusus berbeda untuk batu yang satu ini? Hal yang umum terjadi adalah batu tersebut karena terlahir atau berasal dari Purwakarta dan memiliki ciri khas yang berbeda. Dalam hal memasang batu, tentu saja bisa sejajarkan dengan batu pada umumnya. Hanya saja di sini sedang membahas tentang batu Palimanan dan cara pemasangannya.

Dalam hal ini akan membahas teknik atau cara memasang batu alam dengan menggunakan teknik random. Ada dua jenis random yakni random RTA atau Split Finished  dan juga RTM atau Sawn Cut. Apapun jenis randomnya terpenting menggunakan cara memasang random atau bahasa lainnya acak atau templek. Hampir dikatakan sulit atau memang sulit bila memakai cara memasang batu alam teknik random, karena harus memilah-milah batu sesuai susunan acak dengan batu lainnya.



Namun biasanya produsen mengakali dengan memproduksi batu yang khusus dipasang untuk pola acak, baik acak RTM atau RTA. Dengan cara seperti ini, jauh lebih mudah dalam pemasangannya dan seolah-olah pola acaknya terbentuk secara alami.

Pengenalan Produksi Batu Alam Palimanan

Batu palimanan yang terpopuler adalah batu yang berwarna kuning bila cara memasang batu alam menggunakan teknik random khususnya RTM. Sedangkan warna putih kurang populer namun lebih tepat bila digunakan untuk rumah minimalis.

Kami sendiri menghadirkan berbagai bentuk batu alam Palimanan untuk beberapa pola pemasangan batu alam. Anda bisa melihat variasi bentuk dan warnanya:

 Batu Palimanan


Batu RTA Palimanan


Batu Susun Sirih Palimanan


Batu Alur Matahari Palimanan 

Batu Alur Bilik Palimanan



Cara memasang batu alam di atas tentu berbeda. Ada yang menggunakan teknik susun sirih, teknik biasa atau juga teknik random. Anda bisa menggunakan Batu RTA Palimanan bila mau menggunakan teknik random.

Persiapan dan Cara Pemasangan Batu Alam Palimanan Teknik Random

Merancang desain rumah adalah langkah yang paling penting apalagi bila mau disertai pemasangan batu alam. Batu alam bisa menghasilkan desain rumah yang alami dan menambah nilai keindahan namun juga sebaliknya bisa memberikan kesan yang tidak alami dan atau memberikan kesan alami tetapi memperburuk keadaan.

Untuk itu, perhatikan dalam pemasangan batu alam dengan menggunakan teknik random yang berpotensi memperburuk keadaan. Pada dasarnya pembahasan ini untuk tukang ahli bangunan. Namun ahli bangunan yang profesional pastinya harus banyak membaca juga.

Pertama, siapkan lapisan sebagai media memasang batu alam Palimanan. Biasanya teknik random digunakan untuk bagian pagar karena areanya yang luas dan juga lebih tepat bila digunakan untuk lapisan dinding. Pada intinya bisa digunakan di mana saja dengan area yang luas yang memang pantas untuk pemasangannya.

Kedua, pastikan bahwa dinding belum diberi lapisan seperti cat tembok atau semen penghalus. Biarkan media penempatan batu alam dalam kondisi kasar. Batu alam palimanan biasanya mudah lepas pada media pemasangan yang permukaannya halus. Hal ini karena konon batu palimanan memiliki atau mengandung kapur sehingga sulit menyatu dengan media halus. Bila sudah terlanjur diberi lapisan semen halus atau cat, ada baiknya dihilangkan terlebih dahulu sampai berasa kasar.

Ketiga, cara memasang batu alam Palimanan dengan teknik random alangkah baiknya bila menggunakan bebatuan yang belum diproduksi. Artinya batu alam masih dalam keadaan asli, belum diukir sedemikan rupa. Walaupun hal ini akan lebih menyulitkan. Bila tidak mau lebih sulit, bisa memilih batu yang memang dikhususkan untuk pemasangan teknik random.

Keempat, dalam memasang batu alam Palimanan menggunakan teknik random, alangkah baiknya bila dimulai dari dinding bawah. Bisa juga dari atas terlebih dahulu asal ada pembatas pemasangan. Namun bila dari atas, maka finising ke bawahnya akan mengalami kesulitan karena ada celah-celah yang harus ditangani dengan cara lain. Kalau dari bawah terlebih dahulu, tentunya posisi bawah batu alam akan dibuat rata terlebih dahulu dalam pemasangannya.

Pemasangan terbaik adalah membentuk pola rata disetiap garis batas pemasangan. Misal berbentuk persegi empat dalam batas pemasangannya. Maka batu harus dipasangkan di pinggir tersebut dan membentuk garis rata. Tujuannya agar pemasangan ke bagian tengah menjadi lebih mudah.

Langganan Update Lewat Email Gratis:

0 Response to "Cara Memasang Batu Alam Palimanan Teknik Random"

Post a Comment