Inspirasi Desain Interior Rumah Memadukan Batu Alam dan Kayu

Iklan
Siapa sih yang tidak ingin menampilkan rumah terbaik dengan berbagai variasi desain interior dan juga eksterior rumah? Termasuk memvariasikan yang memadukan antara keindahan batu alam dan juga kayu. Apakah menggunakan kayu sebagai pelapis dinding sebagai teman batu alam? Tentu tidak. Namun setidaknya hal ini yang sering dilakukan di banyak rumah yaitu pelapis dengan batu alam dan perlengkapan rumah seperti meja, kursi, lemari, dan tempat lainnya dengan kayu.

Seperti yang sudah pernah anda lihat, beberapa jenis batu yang terpasang di dalam rumah memiliki guratan atau tonjolan yang has dalam diri batu sehingga rumah terkesan indah bernuansa alam seperti rumah hasil proses alam. Memang bisa membuat guratan, atau tonjolan sendiri dengan menggunakan semen dan bahan lainnya. Namun hasil alami jauh lebih baik. Hal ini pun bisa disejajarkan dengan kayu. Beberapa jenis kayu memiliki guratan yang menarik yang bisa disejajarkan dengan batu alam.

Lalu bagaimana mensejajarkan batu alam, kayu dan rumah itu sendiri sehingga terbangun satu-kesatuan yang indah dalam keserasian?

Warna Batu Alam Biarkan Dengan Warna Alami

Sempat heran dengan beberapa desain rumah yang menggunakan batu alam namun dilapisi cat yang tidak memunculkan warna asli batu alamnya. Sebut saja pemasangan batu alam susun sirih yang dilapisi cat hitam padahal warna aslinya agak keputih-putihan. Andai saja tidak dilapisi cat pun, tetap saja efek keindahannya sama namun kelebihannya ada nuansa alami. Kalau dilapisi cat, tentu percuma saja memakai batu alam sebagai pelapis.

Memang ada sebagian batu yang harus dilapisi namun pelapisannya tetap mendukung penampilan warna asli dan lebih untuk mempertajam warna aslinya. Biasanya pelapisannya hanya untuk melindungi dari serangan lumut atau berbagai cuaca. Kalaupun sampai berubah warna menghilangkan warga asli batu, itu sudah menjadi resiko karena perlindungan harus tetap dijaga agar keindahannya tetap selalu memancar dalam waktu lama. Hanya saja harus divariasikan denga batu yanng lain agar nampak alaminya.

Serasikan Warna Rumah Anda Dengan Warna Bebatuan

Maksud warna rumah yang dipadukan dengan warna bebatuan adalah di bagian yang tidak terkena lapisan batu alam. Tidak semua dinding dilapisi batu alam, di samping mahal juga tidak terlihat eksotis. Bila di bagian tembok, bagian bawahnya diberi batu alam dan untuk bagian atasnya diberi pewarnaan yang tidak kontras namun jangan sampai sama. Misal menggunakan batu alam berwarna hitam, maka bisa dipadukan dengan cat kecoklatan atau putih kehitam-kehitaman sehingga akan menimbulkan efek yang serasi. Begitu juga untuk teras, pagar dan sebagainya.

Memang ada sebagian rumah yang memberikan pewarnaan yang kontras antara dinding lapisan cat dengan dinding lapisan batu alam. Itu sah-sah saja. Bergantung bagaimana peletakan warna atau tema rumah yang sudah direncanakan.

Serasikan Warna Batu Dengan Kayu

Seperti yang dijelaskan bahwa kayu bisa menjadi pendukung batu alam dalam keindahan rumah. Hal ini bisa anda lihat pada gambar di bawah.



Bila ingin menjadikan kayu sebagai pelengkap batu alam seperti gambar di atas, tentunya harus menyesuaikan dengan warna batu alam. Bagaimana bila batu berwarna hitam atau merah seperti yang ada di beberapa batu alam? Tentunya cukup mudah, tinggal melapisi kayu dengan cat yang berwarna yang serasi dan mendukung warna batu alam. Karena warna kayu pada umumnya hanya berbentuk kuning-kecoklatan sehingga harus mengalami pengecetan bila mau berganti warna. Terkecuali warna kayu asli mendukung warna batu alam.

Bagaimana kalau berbeda warna antara batu alam dan kayu? Misal menggunakan batu alam berwarna putih-kekuning-kuningan sedangkan kayu berwarna hitam. Pertanyaannya, kenapa harus berwarna hitam sedangkan warna asli kayu bisa dijadikan keserasian warna dengan batu alam. Tentu pembedaan warna tersebut ada temanya tersendiri karena sudah dirancang di awal oleh yang lebih ahli dalam hal desain interior.

Langganan Update Lewat Email Gratis:

0 Response to "Inspirasi Desain Interior Rumah Memadukan Batu Alam dan Kayu"

Post a Comment