Resiko Rumah Dengan Batu Alam Dan Tips Mengatasinya

Iklan
Banyak orang yang memiliki uang yang mencukupi memimpikan untuk membangun rumah dengan batu alam. Khususnya untuk penghuni yang berniat tinggal di kota besar yang memiliki lingkungan yang miskin pepohonan. Cuaca panas perumahan di kota harus diantisipasi dengan pemadangan yang indah dan menyejukkan. Solusi menggunakan batu alam sebagai pelapisan rumah memang bisa dilakukan untuk mengantisipasi cuaca yang tidak mendukung. Batu alam yang memiliki kesan alami bisa menyejukkan pemandagan, apalagi dihiasi dengan berbagai tetumbuhan di sekliling rumah.



Memang ada manfaat bila membangun rumah dengan batu alam sebagai pelapisnya, seperti halnya untuk keindahan nuansa alam, kesejukkan hunian, sebagai menambah nilai jual sebuah properti, dan manfaat lainnya. Namun juga memiliki resiko tersendiri bila pelapisan menggunakan batu alam. Namun resiko tersebut sejalan dengan resiko yang ada pada alat lapis lainnya seperti cat tembok atau pelapis lainnya. Di sini, anda tidak perlu khawatir.

Apa saja resiko yang bisa timbul bila rumah menggunakan batu alam? Tentunya resiko di sini hanya resiko kecil yang bisa diatasi oleh tukang bangunan terdekat sehingga tidak memerlukan penanganan yang serius. Berikut beberapa resiko bangunan rumah dengan batu alam beserta tips mengatasi atau meminimalisir resiko seminim mungkin.

Batu Alam Pada Rumah Mudah Atau Terlepas

Seperti halnya cet tembok tertentu yang bisa mengelupas, lepas lapisan cetnya, batu alam pun beresiko lepas. Tentunya hal ini bersifat alami, tinggal meningkatkan penanganan dalam hal perekatan. Cat tembok yang berkualitas terbaik tentu tidak akan mengalami penglupasan cat. Nah, batu alam pada rumah pun sama, tinggal memilih kualitas perekat yang terbaik agar menghasilkan rekatan yang kuat sampai puluhan tahun. Biasanya semen yang digunakan memang semen yang khusus batu alam atau additive perekat dengan batu alam.

Jadi pada intinya terletak pada alat perekat batu dan cara pemasangannya. Memilih ahli bangunan pemasangan batu alam memang langkah terbaik walaupun anda bisa dalam pemasangan desain batu. Tetapi kalau belum ahlinya, bisa jadi akan mudah terlepas. Pemasangan batu alam yang dipasang dengan baik, akan kuat merekat sampai puluhan tahun.

Bagaimana bila sudah puluhan tahun lantas terjadi pelepasan batu alam disana-sini? Bagaimana solusinya? Solusi terbaik tetap menyerahkan pada ahli bangunan. Batu alam ada yang lempengannya tipis sehingga mudah patah bila ada proses pelepasan di saat masih ada rekatan. Untuk itu, bisa ditangani ahli bangunan yang terbiasa menangani batu alam yang lepas dari dinding atau pagar rumah.

Jangan lupa gunakan sealer untuk mencegah air merembes ke dalam rekatan batu yang beresiko batu alam bisa terlepas.

Batu Alam Pada Rumah Ditumbuhi Lumut

Masalah batu alam yang lepas dari dinding rumah, tentunya mudah untuk mengatasinya. Cukup pemasangan satu kali dengan perekat terbaik dan cara pemasangan yang tepat, bisa akan kokoh merekat kembali sampai puluhan tahun. Namun bila yang terjadi adalah batunya ditumbuhi lumut, sampai kapanpun berpotensi ditumbuhi lumut. Bisa saja dibersihkan untuk menghilangkan lumut. Tetapi potensi tumbuh lagi tetap ada dan menjadi kesulitan tersendiri dalam menangani lumut.

Pertama-tama adalah kenali terlebih dahulu karakter batu sebelum memutuskan untuk membeli. Bisanya batu alam yang mudah ditumbuhi lumut adalah batu yang tidak memiliki kekerasan yang kuat. Biasanya bisa menampung air dalam waktu lama dehingga berpotensi menimbulkan lumut atau jamur pada batu alam.

Berikut adalah jenis batu alam yang tidak bisa ditumbuhi jamur atau lumut:
- Batu andesit
- Batu marmet
- Batu kemplek

Ketiga batu di atas memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sehingga tidak mudah untuk menyerap air.

Tetapi, apakah harus menghindari bebatuan alam yang bisa ditumbuhi lumut? Tentu saja tidak. Resiko rumah dengan batu alam yang tidak masuk keriteria batu keras tingkat tinggi bisa diminimalisir. Apalagi bila ada solusi lain sebagai penghambat pertumbuhan lumut atau jamur. Bisa menggunakan sealer atau pernish/coating batu alamyang bermanfaat untuk mencegah timbul lumut, jamur dan perembesan air.

Langganan Update Lewat Email Gratis:

0 Response to "Resiko Rumah Dengan Batu Alam Dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment