Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Iklan
Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat-Keunikan batu koral sikat untuk di pasang atau di aplikasikan pada lantai saat ini masih menjadi salah satu pesona batu koral sikat, terutama di aplikasikan pada lantai halaman rumah, terutama di lantai garasi, halaman rumah bahkan lantai kamar mandi.

Sebelum kita memasang batu koral sikat terutama jika dipasang untuk garasi tentu ada beberapa tahapan dari mulai pemilihan jenis batu koral sikat, desain dan juga alat-alat pendukung lain nya, tentu bagi yang sudah terbiasa dengan pengerjaan pemasangan batu koral sikat bukan menjadi hal yang sulit tetapi bagi kita yang akan mencoba untuk belajar sendiri memasang batu koral sikat tentu ada tips dan trik juga tatacara yang harus dilalui agar pemasangan nya memiliki hasil yang sempurna.

Lalu apa saja sih tahapan dan apa saja kira-kira bahan yang diperlukan ? dan bagai mana cara nya kita menentukan agar supaya hasil nya memuaskan ?ikutilah tips-tips Tata cara pemasangan batu koral sikat yang baik dan benar seperti di bawah ini.

Bahan Pembuatan Batu Koral Sikat

1.Desain Atau Gambar Model Batu Koral Sikat
Yang paling utama apabila kita mau memasang koral sikat adalah kita harus mempunyai desain atau gambaran atau juga model terlebih dahulu, motif batu koral sikat seperti apa yang akan di pakai, saat ini sudah banyak di internet gambar model koral sikat, pilihlah gambar tersebut sehingga sesuai dengan selera anda.

2.Bahan Batu Koral Sikat
Setelah kita mempunyai gambaran model koral sikat tentu kita lanjutkan ke bahan nya, yaitu pemilihan jenis batu koral yang cocok sesuai warna batu koral yang cocok seperti di gambar tersebut, pada umum nya batu koral sikat untuk motif menggunakan jenis-jenis batu koral seperti di bawah ini:
  • Batu Alor (warna hitam kilap)
  • Batu Balian/ bali (warna kuning atau orange)
  • Batu Italy (warna Putih kristal)
  • Batu Merah Ati Super ( Warna merah ati )
  • Batu Flores Hijau Super (Warna Hijau)
Itulah beberapa contoh jenis batu koral sikat yang biasa dipakai untuk membuat koral sikat motif atau warna.


3.Bahan Material Pendukung
Setelah kita mendapatkan atau mempunyai gambaran dan juga telah memilih jenis koral sikat yang sesuai dengan yang akan diasang, maka tahapan selanjut nya adalah menyiapkan beberapa bahan material pendukung, seperti semen, pasir halus atau pasir tanpa kerikil, sikat ijuk atau sikat plastik, sikat kawat, stropom busa putih(Sejenis busa untuk ganjal barang elektonik) atau bisa di ganti dengan Triplek jika tidak ada dan juga besi Holo atau kayu ukuran reng 2x3cm atau 3x4cm.

Cara Membuat Batu Koral Sikat

Setelah semua bahan-bahan yang di perlukan terkumpul di lanjutkan ke tahap selanjut nya yaitu cara membuat batu koral sikat untuk garasi yang baik dan benar, ikutilah tips dan cara berikut ini.

1.Buat pola
Pada pola awal pasanglah besi holo atau kayu jenis reng di sekeliling bidang yang akan di pasang koral sikat sebagai pembatas ke tempat lain nya. dan atur supaya simetris dan lurus.

image:haritaman.com
Buatlah pola seperti gambar yang anda punya atau anda dapatkan, jika jenis nya cuman bentuk kotak- kotak bisa maka cukup hanya dengan menggunakan batang holo atau kayu jenis Reng untuk memisah sekat-sekat antar warna batu, Apabila motif nya berbentuk arah mata angin maka buatlah sudut seperti arah mata angin terlebih dahulu.

Apabila model motif nya jenis motif atau lingkaran seperti batik atau bunga kembang-kembang maka kita harus membuat pola terlebih dahulu menggunakan busa strofoam atau triplek.

2.Membuat adonan semen dan pasir
Tahap selanjut nya adalah setelah bidang dipersiapkan dan motif sudah di buat maka tahap selanjut nya adalah membuat adukan atau adonan yang terbuat dari semen dan pasir dengan kombinasi air secukup nya.

Setelah adonan atau adukan siap maka taburkan adukan tersebut ke atas bidang yang akan di pasang koral sikat lalu ratakan menggunakan penggosok jenis roskam yaitu alat penggosok untuk plesteran sampai terlihat rata.

3.penaburan Koral sikat
Setelah pelesteran rata maka taburkan batu koral secara merata dan rapat di atas adukan hingga adukan tidak terlihat, jangan sampai terlalu menumpuk karena akan membuat boros batu koral.

image: youtube.com
Jika membuat koral sikat jenis motif maka pasanglah pola yang terbuat dari strofoam atau triplek tadi diatas adukan lalu pasang yang di sekeliling nya terlebih dahulu, jika di sekeliling nya sudah di pasang koral maka cabut lah strofoam atau triplek tadi dan bekas nya silahkan taburkan koral sesuai jenis warna masing masing-masing menyesuaikan gambar.

3.Pemasangan dan pemadatan koral sikat
Setelah batu koral sikat di taburkan atau di taruh di atas adonan sesuai dengan lokasi atau tempat nya masing masing sesuai dengan selera anda maka tahap selanjutnya adalah menekan dan meratakan dengan cara menggeprek menggunakan papan roskam alat plesteran secara perlahan-lahan hingga batu koral sikat tertutup oleh cairan adukan atau adonan semen, Setelah itu diamkan beberapa saat kira-kira setengah kering kira-kira 1 jam tergantung cuaca.

image: youtube.com
4.Penyikatan 
Setelah agak setengah kering mulailah dengan menyikat batu koral sikat tersebut secara perlahan menggunakan sikat kawat untuk pertama kali nya hingga adukan di atas nya mengelupas dan mulai terlihat batu koral tersebut setelah itu diamkan beberapa menit untuk menyikat di tahap ke dua.

Setelah penyikatan tahap pertama dilanjutkan dengan menyikat tahap kedua menggunakan sikat ijuk atau sikat plastik secara perlahan hingga batu koral sikat mulai terlihat lebih menonjol , lakukan beberapa kali hingga mendapatkan hasil sempurna dan koral sikat timbul ke permukaan.

image: youtube.com


5.Tahap Pembersihan
Setelah penyikatan selesai dan koral sikat timbul ke permukaan maka dilakukan pembersihan untuk membersihkan sisa-sisa semen dan pasir, pembersihan menggunakan busa lap basah yang di campur air lakukan cara pembersihan seperti ngepel lantai dengan tangan sambil sesekali di peras air nya dan di buang lakukan bebrapa kali hingga terlihat bersih.

image: youtube.com
6.Pengeringan
Sebelum tahap finishing akhir yaitu pengotingan maka keringkan dahulu kira-kira 2x24 jam sebelum di coating, supaya uap nya tidak membuat hasil coating belang atau meleleh berwarna putih.

7.Pengotingan Atau Pernis
Setelah kering Mulai tahap selanjutnya yaitu tahap akhir yaitu pengotingan atau pernis, hal tersebut untuk mencegah tumbuh nya jamur atau lumut, selain itu coating juga untuk mempertajam jenis warna koral sikat tersebut hingga lebih berwarna dan terlihat mengkilap.


Berikut ini beberapa contoh gambar koral sikat

Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat


Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat

Itulah beberapa tahap Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat yang  mungkin berguna bagi anda yang membutuhkan informasi tatacara membuat batu koral sikat.

Apabila anda membutuhkan batu koral sikat silahkan anda dapat menghubungi kami di kontak yang tersedia, Anda gak mau ribet memasang koral sikat ? Maka serahkan lah pada kami, kami dari team CAHAYA ALAM STONE menerima pembuatan dan pemasangan batu koral sikat untuk rumah atau kantor anda terutama yang berdomisili di daerah jabodetabek.

Terimakasih semoga bermanfaat dan membantu.


Langganan Update Lewat Email Gratis:

0 Response to "Cara Membuat Dan Memasang Batu Koral Sikat"

Post a Comment