Agar Lebih Rata, Terapkan Langkah Pemasangan Batu Alam Ini!

Agar Lebih Rata, Terapkan Langkah Pemasangan Batu Alam Ini! - Pemasangan batu alam itu gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena Anda cukup melekatkannya pada dinding. Sementara susahnya adalah membuat tampilannya lebih rata. Lalu bagaimana caranya agar batu alam yang terpasang lebih rapi?

Kerapian adalah kunci pokok untuk membuat tampilan rumah lebih baik. Bahkan bisa memunculkan nilai estetika yang tinggi dibandingkan dengan rumah tetangga.

Memiliki tampilan rumah yang jauh lebih bagus dari pada tetangga tentu kebanggan tersendiri. Akan terasa munafik jikalau pemilik rumah hanya ingin melihat rumahnya terkesan biasa, apalagi tidak lebih baik dari rumah tetangga atau kerabat.



Buktinya banyak cara dilakukan oleh pemilik rumah untuk memperbarui tampilan rumahnya. Salah satunya adalah dengan menerapkan batu alam di dinding rumahnya yang bisa mengubah tampilan rumah jauh lebih alami dan bagus.

Masalahnya, penerapan batu alam tidak boleh dipandang mudah. Toh kenyataannya banyak juga pemilik rumah yang tidak puas setelah menerapkannya. Misalnya, batu alam yang terpasang tidak rata dan rapi.
Nah, agar tidak sia-sia ketika menerapkan batuan alam, entah itu batu lunak ataupun keras, setidaknya langkah-langkah ini akan cukup membantu Anda. Mau tahu langkah-langkahnya?

Tahap Perencanaan
Pertama kali dimulai dengan tahapan perencanaan. Perencanaan ini berkaitan langsung dengan jenis batu alam yang dipilih, kemudian ukuran dan material pendukungnya.

Diasumsikan Anda sudah memilih jenis batu alamnya semisal batu palimanan dengan ukuran sekian. Maka perencanaan selanjutnya adalah melengkapinya dengan material pendukung seperti menyiapkan semen yang bakalan mendukung perekatan batu alam.

Jika sudah, jangan lupa juga untuk menggunakan benang dan paku beton. Gunanya untuk meluruskan batuan alam ketika akan dipasang. Kemudian jangan lupa untuk mempertimbangkan alat pemotong untuk membuat batu alam ke bentuk siku dan lain sebagainya.

Tahap Eksekusi
Setelah perencanaan mengenai bahan materialnya siap, kini saatnya Anda mulai menerapkan batu alam tersebut pada dinding atau pagar yang sudah direncanakan sedari awal.

Pada tahap kedua ini, paku dan benang digunakan terlebih dahulu. Pakulah area dinding, dan kaitkan benang tadi untuk membuat bidang lurus sebagai alur penerapan batu alam.

Jika sudah, jangan lupa pula untuk merendam batu alam. Kemudian, basahi dinding dengan air. Baru selanjutnya, gunakan semen khusus sebagai pelapis dan perekat untuk batu alam.

Pada tahapan ini, pastikan juga untuk memberikan sandaran. Hal ini ditujukan agar batu alam yang dipasang tidak copot atau rontok. Karena memang sudah di ganjal dari bawah.

Dan yang paling penting, gunakan salah satu cara untuk pemasangan batuan alam. Anda bebas memilih penerapannya, yakni apakah menggunakan metode pemasangan maju mundur atau pemasangan siku dari bawah ke atas.

Tahap Finishing
Jika kesemuanya sudah terpasang, perhatikan dengan jeli apakah semen tadi tercecer atau tidak. Ketika muncul ceceran semen khusus tadi, lakukan pembersihan sesegera mungkin agar tidak kering di batu.

Ini penting untuk menjaga tampilan batu lebih alami. Paling tidak, Anda akan melihat dinding batu alam saja, bukan semennya yang akan membuat tampilan kurang maksimal.

Setelah selesai, langkah paling akhir adalah menerapkan coating. Coating ini sangat penting untuk menjaga batu alam terlihat lebih bagus. Bahkan membuat batu alam tidak mudah dilekati kotoran semacam lumut di kemudian hari.

Demikianlah artikel saat ini tentang langkah pemasangan batu alam agar terlihat lebih rata, semoga membantu dan bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Lebih Rata, Terapkan Langkah Pemasangan Batu Alam Ini!"

Post a Comment