4 Pola Pemasangan Batu Alam Dalam Rumah

Iklan
Memilih pola pemasangan batu alam yang tepat sesuai tema rumah dan juga jenisnya adalah langkah penting yang bisa membuat rumah menjadi indah atau malah justru mengganggu pemandangan. Membutuhkan teknik khusus dalam pemasangan nya. Bila mengandalkan tenaga bangunan biasa, tentu akan menghasilkan desain rumah yang tidak bagus. Perlu ahli desain khusus yang sudah paham seni membangun rumah dengan batu alam.

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai kekurangan batu alam pada rumah adalah bentuk atau corak tidak seragam sehingga akan menyulitkan dalam pemasangan bila tidak ada keahlian. Memang keberagaman menjadi hal unik. Namun keberagaman itu harus ditangani agar bisa menampilkan keindahan desain yang bervariasi.

Memilih pola pemasangan batu alam yang tempat adalah langkah yang utama. Memang pemilihan batu alam dilakukan dari awal. Namun kalau tidak ada perencanaan mengenai pola pemasangan, sulit juga untuk memilih batu alam. Intinya harus membuat gambaran mengenai pola pemasangan. Biasanya ditangani ahli arsitektur.

Banyak rumah batu alam yang menghasilkan efek yang luar biasa indah hanya dengan mengandalkan batu yang biasa dipakai penghuni rumah pada umumnya. Pada intinya bukan masalah jens batunya tetapi pola pemasangannya yang dipakai. Pola pemasangan tepat, bisa bernilai seni tinggi, kesan rumah akan terlihat eksotis dan mahal. Harga jual rumah pun bisa mahal hanya dari pemasangan batu alam yang tepat.

Berikut adalah pola pemasanan batu alam yang bisa anda jadikan inspirasi untuk rumah batu alam anda:

1.Pola Mozaik 

Pola pemasangan batu alam mozaik bisa digunakan untuk desain interior rumah. Pola ini tentunya menggunakan teknik netting atau menjaring. Sehingga bentuknya seperti jalinan kubus yang membentuk bangunan. Kesan eksotis dan klasik bisa terpancar dari rumah yang terpasang pola mozaik.



2.Pola Koboi Bandung

Kekurangan batu alam karena memiliki keberagaman bentuk akan menjadi kelebihan bila memilih pola pemasangan yang tepat. Bahkan bisa menghasilkan karya seni yang tinggi. Seperti pola Koboi Bandung yang berhasil memanfaatkan berbagai bentuk batu dalam satu-kesatuan yang eksotis.

Asal muasal dikatakan koboi Bandung adalah karena pola ini berasal dari Bandung. Dikatakan ada kata koboi karena desain rumah ini cocok digunakan untuk rumah yang mengambil tema kolonial. Entahlah, apa maksud dari koboi dengan kolonial. Yang jelas pola ini bisa anda pakai untuk variasi pola pemasangan batu alam.



3.Pola Susun  Sirih

Sebuah nama benda bisa berasal dari imajinasi seseorang kepada suatu hal dan mengalami penyebaran sebuah nama hasil dari hal itu. Begitu juga dengan pola pemasangan batu yang disebut ‘pola susun sirih’. Tentunya berasal dari imajinasi seseorang melihat batu bertumpuk seperti susunan daun sirih, walaupun bisa juga dengan daun yang lain. Lalu nama susun sirih tersebar sampai menjadi kesepakatan nama.

Penerapan pola ini bisa di pasang di bidang yang luas atau yang sempit. Bisa digunakan untuk berbagai konsep dan gaya rumah untuk menghasilkan kesan susun sirih sesuai jenis batu yang dipasang.



4.Pola Susun Bata

Pola susun bata khusus untuk memasangkan batu yang sudah terbentuk rapih. Tentunya hal ini berkaitan dengan proses produksi sebuah batu. Biasanya batu yang digunakan untuk pola ini adalah jenis batu alam candi, andesit, Purwakarta, paras jogja, palimanan, Sukabumi dan lain-lain. Karena menekankan kerapihan bentuk, biasanya cocok digunakan untuk desain rumah minimalis.



Walaupun pola pemasangan batu seperti keadaan rumah yang masih terlihat batu batanya, tetapi kalau menggunakan batu alam yang berharga dan memiliki guratan/efek yang berbeda, tetap akan memiliki kepuasan yang lebih tinggi daripada hanya rumah tampilan batu-bata.

Langganan Update Lewat Email Gratis:

0 Response to "4 Pola Pemasangan Batu Alam Dalam Rumah"

Post a Comment