Tips dan Saran Memasang Batu Alam Untuk Lantai Dan Garasi

Tips dan Saran Memasang Batu Alam Untuk Lantai Dan Garasi - Pemasangan batu alam saat ini bukan hanya untuk bagian dan dinding luar atau dalam rumah saja, Saat ini pemasangan batu alam juga digunakan untuk lantai dalam maupun luar rumah, seperti garasi atau halaman rumah dan bangunan lain seperti ruko, gedung dll.


Memasang lantai dengan batu alam mempunyai rasa unik tersendiri dan mempunyai kesan yang indah dan sejuk di lihat atau di pandang, kenapa bisa begitu ? itu terjadi karena tekstur batu alam yang mampu meredam hawa atau cuaca panas dari terik dan cahaya matahari

Lain hal nya dengan keramik yang memantulkan pancaran dan suhu panas dari matahari ke sekitar kita dan timbul lah suasana gersang disekitar rumah kita.

Untuk memasang batu alam di area lantai garasi atau halaman depan rumah, tentu kita harus memilih dan memilah batu apa yang sekira nya cocok untuk dipasang dan digunakan.

Banyak sekali jenis batu alam sebenarnya untuk digunakan di lantai, namun ada beberapa pilihan saja yang harus di perhatikan dari tekstur batu alam tersebut seperti :

  • Warna
  • Tekstur
  • Kekuatan nya
  • Ketahanan terhadap cuaca  
Itu diantara nya beberapa faktor untuk menentukan pilihan jenis batu alam untuk dipasang diluar rumah.Pemasangan batu alam diluar rumah harus memperhatikan segi aspek warna, jika ingin suasana teduh  pakai lah batu andesit, batu Purwakarta atau batu koral sikat.

Pilihlah tekstur yang sedikit kasar dan jangan pilih yang terlalu kasar contoh yang paling umum yaitu andesit bintik bakar, jika ingin sedikit lebih kasar lagi atau sedikit gelombang pakailah jenis batu Purwakarta dan jangan menggunakan jenis batu RTA karena terlalu ekstrim dan susah untuk dibersihkan.

Secara umum jenis batuan yang tahan dan kekuatan nya sudah tidak diragukan lagi yaitu jenis batu andesit, Purwakarta dan koral sikat, sebenarnya bisa saja dipasang jenis batu lain seperti batu Palimanan 

Batu candi atau paras jogja tapi masih kurang cocok jika untuk lantai karena kekuatan nya masih kalah jauh dibanding batu andesit, Purwakarta dan koral sikat ,selai itu juga jenis andesit dan Purwakarta sangat minim perawatan.

Selain faktor kekuatan dan warna daya tahan terhadap cuaca pun sangat diperlukan apalagi pemasangan batu berada di area ruangan terbuka, dan batu yang harus dipasang memenuhi kriteria yang baik ,yaitu  tahan dari cuaca panas, hujan, jamur seperti lumut dan sejenis nya.

Jika kriteria di atas terpenuhi saya yakin aspek kekuatan nya sangat bagus terutama untuk area halaman yang sering lalu lalang kendaraan seperti mobil atau sepeda motor.

Selain pemilihan batu yang tahan terhadap beban dan cuaca dibutuhkan juga tenaga tukang yang Porofesional untuk memasang nya, karena jika memasang batu asal pasang saja percuma selain gampang rusak juga tidak variatif dan terlihat kaku atau monoton.

Itulah tips tentang Memasang batu alam untuk lantai dan garasi di sekitar halaman rumah anda ,semoga jadi bahan acuan dan pertimbangan untuk memilih dan menggunakan batu alam jenis apa yang harus dipasang atau dipergunakan jika anda ingin menggunakan batu alam.

Demikian lah artikel kali ini semoga dapat membantu dan bermanfaat
wassalam
Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya