Alasan Bangun Rumah Batu Alam Sekarang Juga

Masih menunggu uang terkumpul untuk membangun rumah batu alam? Bila menunggu, menunggu sampai berapa tahun? Kalau sekiranya penghasilan anda bisa menggapai rumah minimalis dalam jangka waktu 5 tahun, seharusnya anda tidak perlu menunggu lama, menunggu uang terkumpul. Cara yang terbaik adalah melakukan peminjaman ke beberapa orang daripada menunggu.

Alasan Bangun Rumah Batu Alam Sekarang Juga

Kenapa harus segera membangun rumah walaupun uang belum terkumpul? Tentu saja ini berkaitan dengan kenaikan bahan bangunan terutama batu alam yang terbilang mahal. 

Rata-rata, bahkan bisa jadi semua, bahwa bahan bangunan selalu mengalami kenaikan harga bahkan naik dengan cepat. Hal ini beralasan mengingat bahan bakunya diambil dari bumi bukan hasil produksi. Termasuk adalah batu alam, tentunya berasal dari bumi yang tidak bisa diproduksi sendiri.

Alasan mempercepat dalam pembangunan rumah adalah alasan yang tepat bila memang menginginkan harga investasi rumah naik dalam waktu 5 tahun ke depan. Artinya proses percepatan pembangunan, secara nilai investasi, justru akan menguntungkan anda.

Paling utama dalam percepatan adalah masalah kepemilikan tanah. Tanah memiliki keterbatasan yang cukup serius. Proses pemekaran wilayah pun perlu diperhatikan baik-baik. Akhirnya harga tanah setiap tahun selalu naik. Memang hal yang wajar bila harga tanah selalu naik karena ada faktor keterbatasan.

Kalaupun ingin menunggu dalam proses pembangunan, anda harus memperhatikan bahan-bahan utama yang perlu dibeli. Berikut langkah membuat perencanaan pembangunan rumah dengan terlebih dahulu memperhatikan bahan bangunan.

1.Persiapan Tanah

Inti pembangunan rumah adalah tanah. Tanpa tanah, sulit untuk membangun rumah. Dengan tanah, hanya mengandalkan pembangunan rumah sederhana bahkan tidak layak huni, tetap bisa dilakukan. 

Sehingga tanah dimana-mana selalu direbutkan, menjadikan bahan konflik, menjadi pusat perhatian dan sebagainya. Karena tanah menjadi inti pembangunan walaupun yang dibangunnya hanya sekedar kandang ayam.

2.Persiapan Rancangan Desain Rumah Batu Alam

Rata-rata rumah dengan hiasan batu alam akan mengalami proses perancangan pembangunan desain rumah dengan serius yang ditangani oleh arsitektur. Tanpa perlu ada pemasangan batu alam juga harus membutuhkan ahlinya agar tampilan rumah terlihat mewah.

Rata-rata calon penghuni rumah batu alam tentunya memiliki kondisi finansial yang mencukupi untuk membayar seorang ahli desain rumah. Kalau kondisi finansial sedang melangalami masalah, tentu tidak mungkin berencana membangun rumah dengan hiasan batu alam.

3.Persiapan Pembelian Batu Kerikil

Memiliki batu kerikil penting untuk kebutuhan membuat pondasi, tiang atau sebagai alas untuk lantai atas. Walaupun batu kerikil terkesan tidak berharga, namun keberadaannya bila dikumpulkan akan memiliki harga yang selalu mengalami kenaikan.

4.Persiapan Pembelian Pasir

Ya, sebagai penghubung antar batu adalah pasir. Tentunya pasir yang sudah berisi campuran semen untuk menghubungkan antar batu dan tentunya membantu pengokohan bangunan. 

Pasir juga salah satu bahan bangunan yang selalu mengalami kenaikan, mengingat pengerukan nya sering membuat jurang. Artinya ada keterbatasan bila sudah terlalu dalam dalam pengerukan.

5.Persiapan Pembelian Batu Belah

Batu belah biasanya digunakan untuk pondasi rumah. Sebenarnya bisa juga untuk kebutuhan pelapisan untuk pagar rumah. Batu belah adalah bentuk besar dari batu kerikil. Batu belah dengan batu kerikil berasal dari jenis batu yang sama yaitu batu kali (sungai)

6.Persiapan Pembelian Batu Bata

Di Indonesia sudah umum bila rumah menggunakan batu bata sebagai perwujudan rumahnya. Walaupun bisa bila mengandalkan kayu seperti yang dilakukan orang Jepang, namun yang populer adalah pembangunan rumah dengan batu bata. 

Menggunakan batu bata memiliki keuntungan yaitu anti terbakar. Bagaimana bila anda meniru perumahan orang jepang? Bisa jadi sering terdengar kebakaran.

7.Persiapan Pembelian Batu Alam Untuk Ornamen Sesuai Rencana Desain

Terakhir adalah pembelian batu alam yang kebutuhannya untuk ornamen rumah, baik interior atau eksterior. Pembelian batu alam sebelum pembangunan bisa anda lakukan. 

Asalkan harus ada perlindungan khusus agar batu alam tidak mengalami masalah seperti lembab karena terkena hujan, timbul lumut dan sebagainya.

Dengan terlebih dahulu mempersiapkan hal dasar untuk kebutuhan pembangunan rumah, setidaknya anda bisa mengamankan 50% uang anda dari kenaikan bahan dasar bangunan. 

Melakukan pembelian sebelum pembangunan bila memang anda masih membutuhkan waktu lebih lama lagi dalam pembangunannya. Terpenting harus ada pengamanan serius pada bahan bangunan yang anda beli.



Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya