Cara Merawat Batu Alam Pada Dinding Dan Lantai

Cara Merawat Batu Alam Pada Dinding Dan Lantai - Banyak sekali alasan orang saat ini untuk mengaplikasikan batu alam pada bangunan atau rumah yang mereka miliki, berbagai alasan yang di ungkapkan oleh mereka yang memasang batu alam di dinding dan lantai yaitu dinding dan lantai terlihat lebih alami, memberi kesan sejuk, minim perawatan dll.

Minimnya perawatan pada batu alam pada dinding atau lantai bukan berarti batu alam tersebut tidak dirawat sama sekali, batu alam tetap membutuhkan perawatan untuk tampilan atau tekstur nya agar tetap selalu terlihat alami dan tidak membosankan.

 Cara Merawat Batu Alam Pada Dinding Dan Lantai
Image: Uprin.id

Langkah langkah perawatan batu alam untuk dinding dan lantai sebenarnya tidak terlalu sulit, asal kita memenuhi peraturannya dan tidak melupakan hal perawatan yang semestinya dilakukan.

Lakukan lah perawatan minimal 1 tahun 1 kali atau 8 bulan 1 kali dalam melakukan perawatan batu alam, berikut ini admin akan memberikan tips dan cara Merawat Batu alam Pada dinding dan lantai rumah.

1. Lakukan pengotingan Atau Pernis Di Awal Pemasangan

Pada awal pemasangan batu alam pertama kali usahakan melakukan coating atau pernish batu alam sesuai dengan karakter batu alam itu sendiri, gunakanlah coating glossy untuk jenis batu andesit, batu palimanan, batu acak templek dan sejenis nya dan gunakan coating natural utuk jenis batu paras jogja dan batu jenis lainnya yang berwarna cerah sedangkan untuk batu candi gunakanlah coating candi dengan warna hitam.

2. Lakukan Perawatan Pertama Untuk Batu Berkarakter Lunak

Setelah 6 bulan pertama pemasangan coba perhatikan ada perubahan tidak pada dinding batu alam yang telah dipasang, biasanya batu berwarna cerah seperti batu palimanan atau paras jogja sedikit ada perubahan di usia 8 bulan sampai 1 tahun, jika batu mulai kusam atau ada tanda tanda akan timbul nya lumut atau jamur segera bersihkan dengan cara melakukan ampelas halus pada batu yang mengalami pelapukan dengan ampelas halus lalu di coating ulang.

3. Bersihkan Batu alam dengan Cara Dicuci

Khusus batu andesit biasanya bertahan 1 tahun lebih dari pemasangan awal, kalaupun kotor cukup cuci dengan air dan gosok seperlunya memakai sikat dan cairan pembersih ringan seperti detergen atau sabun colek.

4. Gunakan Cairan Khusus Untuk Batu Berkarakter Keras

Untuk batu andesit, batu templek dan sejenis batu keras lain nya,jika mengalami pelapukan yang cukup lama atau sudah berlumut atau terdapat kotoran bandel lain nya dapat menggunakan dengan cairan pembersih porselen, untuk kasus yang lebih berat dan menimbulkan karakter warna asal batu tersebut kembali bisa menggunakan cairan air keras dengan dicampur air dan digosok menggunakan sikat lalu di bilas hingga bersih dan setelah kering di coating ulang maka batu akan terlihat lebih seperti baru lagi.

5. Lakukan Ampelas Untuk Batu Lunak Dan Cerah

Untuk membersihkan jenis batu paras jogja atau palimanan dan jenis batu putih atau krem lain nya jika sudah terjadi pelapukan yang cukup berat yaitu dengan cara melakukan ampelas dalam kondisi kering sampai merata dan berulang, setelah itu cuci pakai spon jangan pakai sikat karena sikat dapat merusak karakter batu tersebut tunggu sampai kering setelah kering lalu di coating ulang.

6. Melakukan Penggosokan Untuk Batu Alam Lantai

Untuk membersihkan batu pada lantai garasi atau carpot baik itu batu andesit maupun batu koral sikat yaitu dengan menggunakan cairan pembersih porselen dengan cara di sikat, setelah itu bilas dengan air bersih tunggu sampai kering dan lakukan pengotingan ulang.

Dari banyak berbagai kasus dengan banyak nya batu berlumut atau berjamur, biasanya karena batu tersebut jarang dirawat di atas waktu 1 tahun, untuk mendapatkan batu alam yang selalu indah maka lakukan perawatan batu alam minimal 8 bulan atau 1 tahun 1 kali dengan cara melakukan coating atau penis ulang dengan tipe atau jenis pernis yang sama pada saat awal pemasangan

Tidak terlalu berat dan rumit sebenarnya merawat batu alam asal melakukan secara rutin melakukan pernis ulang sekitar 1 tahun satu kali saja, dengan melakukan perawatan rutin maka batu alam tetap terlihat indah alami sepanjang waktu.

Demikianlan artikel saat ini tentang Cara Merawat Batu Alam Pada Dinding Dan Lantai Terimakasih Semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Merawat Batu Alam Pada Dinding Dan Lantai"

Post a Comment