Tips Cara Merawat Batu Alam Dinding Dan Lantai

Tips Cara Merawat Batu Alam Dinding Dan Lantai - Penggunaan batu alam Jaman Now atau jaman sekarang merupakan sebuah keharusan dan sebuah trend untuk dapat memperindah sebuah bangunan, baik itu berupa rumah maupun bangunan atau hunian jenis lain nya seperti gedung dan juga ruko bahkan sarana dan prasarana umum sekalipun saat ini sudah banyak mengaplikasikan batu alam untuk finishing nya.
Tips Cara Merawat Batu Alam Dinding Dan Lantai
image: sealtech.ca
Tentu selain indah batu alam juga dapat membuat sebuah bangunan terlihat lebih alami karena batu alam terbuat dari batu alam asli yang memberikan kesan sejuk dan alami. Penggunaan batu alam untuk dinding maupun lantai saat ini sudah banyak digunakan untuk aksesoris tambahan yang berbahan dasar dari batuan alam.

Selain itu penggunaan batu alam pada dinding maupun lantai dapat menghemat biaya perawatan seperti melakukan cat ulang dan juga batu alam memiliki warna yang tidak pudar dan selalu bertahan warnanya hanya dengan melakukan perawatan yang sangat mudah dan gampang juga tidak memakan biaya yang menguras kantong.

Baca Juga: 7 Jenis Batu Alam Terbaik Untuk Dinding

Ada teknik khusus dalam merawat batu alam agar selalu terlihat alami dan cerah maupun sejuk warnanya, tips nya pun mudah sekali di lakukan baik oleh semua kalangan , hanya melakukan beberapa cara dan tips merawat batu alam dengan cara seperti dibawah ini.

Tips Cara Merawat Batu Alam Dinding Dan Lantai


1. Cara Membersihan Batu Alam Yang Baru Dipasang
Jika kita memasang batu alam pertama kali atau baru memasang batu alam hal yang perlu diperhatikan adalah membersihkan batu alam tersebut dari sisa sisa kotoran dan debu sisa pemasangan seperti dari semen atau adukan dan juga abu sisa pemotongan batu alam.

Cara melakukan pembersihan nya yaitu cuci dengan air yang bersih dan dibantu dengan spon atau busa lunak, jika ada kotoran yang agak sedikit keras bisa dibantu dengan sikat ijuk atau sikat plastik hal tersebut supaya batu alam bersih dari sisa debu dan kotoran lain nya.

2. Bahan Untuk Membersihkan Batu Alam
Bahan utama untuk membersihkan batu alam yang paling utama adalah menggunakan air dan juga spon , namun jika jenis batu alam tersebut memiliki permukaan yang kasar seperti jenis Batu RTA maka gunakan alat pembesih seperti sikat ijuk dan sikat plastik.

Jika terdapat batu alam yang terkena kotoran membandel dan sudah terlanjur kering maka ada cara lain yang harus dilakukan dengan cara membersihkan batu alam dengan yang lebih ekstrim lagi yaitu membersihkan batu alam menggunakan jenis cairan seperti KCL dan sejenis nya, anda bisa melihat Tips nya di: Inilah Cara Terbaik Membersihkan Batu Alam Terkena Kotoran Membandel 

3. Cara Membersihkan Batu Alam Yang Sudah Lama
Batu alam yang telah lama dipasang atau telah memiliki jangka atau umur pemasangan seperti satu tahun atau dua tahun wajib dibersihkan agar tetap terlihat indah warnaya, cara membersihkan nya cukup menggunakan bahan air saja dengan cara disemprotkan pada batu alam tersebut, jika ada beberapa noda kotor yang membandel bisa di campur dengan sabun atau detergen dan di gosok pakai sikat cuci.

Terkadang batu alam yang sudah terlalu berumur jika perawatan pada awal nya kuran dan anda mau batu alam tersebut terlihat seperti baru lagi maka anda dapat menggunakan cairan pembersih porslen dan dicampur dengan detergen, hal tersebut untuk merontokan sisa jamur dan juga sisa oksidasi pada batu alam jika batu alam masih susah dibersihkan juga maka cara lain nya yaitu sama seperti point no.2 di atas yaitu menggunakan cairan KCL atau sejenis air keras.


Namun untuk menggunakan cairan khusus seperti di atas hanya berlaku untuk batu jenis yang memiliki tekstur keras seperti batu andesit, batu templek, batu basalto dan batu alam bertekstur keras lainnya, Lalu bagai mana untuk batu yang memiliki karakter lunak seperti batu palimanan dan batu paras jogja ? cara nya anda cukup menggunakan ampelas halus saja bisa menggunakan air atau tanpa air dan menggunakan mesin.

4. Pengotingan Batu Alam (Pernish Batu Alam)
Untuk poin pemasangan batu alam yang baru setelah dibersihkan dan biarkan lah kering dahulu, jika diluar ruangan minimal 1x24 jam agar batu dan semen adukan mengering, untuk ditempat yang teduh bisa sampai 2x24 jam atau lebih, walaupun batu alam sudah kering namun belum tentu adukan semen didalam nya kering maka biarkan kering semuanya sebelum melakukan pengotingan batu alam hal tersebut untuk menghindari keluarnya bercak cairan berwarna putih dari sela sela nat batu alam tersebut.

Untuk batu alam yang perawatan ulang, setelah dicuci dan dibersihkan juga harus menunggu agar benar - benar kering minimal 1x24 jam batu mengering dari sisa air cucian tadi, setelah kering lakukan pengotingan atau pernis ulang batu alam yang telah di bersihkan tersebut.

Cara Coating ulang bisa dilakukan dengan satu lapis atau dua lapis tergantung daya porosi batu alam , karena daya resap batu alam juga berbeda beda alangkah baik nya melakukan coating batu alam dua lapis agar batu alam terlihat lebih bercahaya , untuk cara coating batu alam bisa di lihat di Cara Menggunakan Coating Pernis Batu Alam Yang Baik Dan Benar .

Melakukan coating pada batu alam juga harus sesuai , pilih coating batu alam yang sesuai dengan karakter masing-masing jenis batu alam karena beda batu alam beda juga jenis coating nya namaun ada juga batu alam yang menggunakan jenis coating batu alam yang sama, jika anda membutuhkan informasi tentang jenis coating batu alam dan harganya anda bisa membacanya di artikel Daftar Harga Coating Pernis Batu Alam Terlengkap 2018 .

Jika anda membutuhkan jenis coating batu alam anda bisa menghubungi kami untuk informasi tentang jenis-jenis coating batu alam yang cocok sesuai karakter masing-masing batu alam.

Demikianlah artikel saat ini tentang Tips Cara Merawat Batu Alam Dinding Dan Lantai semoga bermanfaat , dan semoga artikel ini membantu anda dalam merawat batu alam agar terlihat selalu indah dan alami.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Cara Merawat Batu Alam Dinding Dan Lantai"

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamatemasmitoha.com/pengobatan-mikosis/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung, sukses selalu

      Delete