10 Jenis Model Batu Alam Paling Populer Yang Banyak Digunakan

10 Jenis Model Batu Alam Paling Populer Yang Banyak Digunakan - Kebutuhan akan batu alam semakin hari semakin meningkat seiring dengan kemajuan jaman dan keinginan masyarakat untuk membuat hunian indah tanpa mengesampingkan aspek alam dan rasa sejuk alami yang ingin mereka dapatkan.

Seperti yang kita ketahui Batu alam dewasa ini sangatlah populer untuk di aplikasikan pada rumah atau jenis bangunan lain nya, karena batu alam memiliki karakteristik yang sangat unik selain indah untuk di pandang juga bisa menyejukan sebuah bangunan tanpa mengurangi dari karateristik bangunan tersebut.

Sebelum kita membeli dan memasang batu alam ,Mengetahui jenis batu alam paling populer saat ini merupakan suatu kewajiban bagi anda yang ingin mengaplikasikan batu alam untuk bangunan atau rumah anda, dan tidak saha juga kita mengulas beberapa jenis batu alam yang sangat populer saat ini dengan kriteria mulai dari awal pemanfaatan nya hingga dari mulai eksistensi dan juga pemanfaatan nya.

Berikut ini akan kami sampaikan Jenis Batu Alam Paling Populer Dan Banyak Digunakan untuk di aplikasikan pada dinding maupun lantai rumah dan bangunan-bangunan lain nya, apa saja pilihan nya ? kita simak berikut ini

10 Jenis Model Batu Alam Paling Populer Yang Banyak Digunakan


1. Batu Andesit


Sudah sedari jaman dahulu dari mulai jaman sejarah,jaman pra sejarah dan dari jaman penjajahan Jenis Batu Andesit sudah sangat populer untuk digunakan sebagai bahan bangunan seperti dinding, pagar dan bahkan saluran irigasi atau pengairan dengan istilah sebutan 'batu muka' .

Sifat batu andesit yang mempunyai karakteristik yang keras dan padat juga tahan terhadap segala jenis cuaca menjadi pilihan masyarakat dari mulai jaman dahulu hingga saat ini dengan berbagai motif dan corak yang terus berkembang seiring dengan pemanfaatan teknologi saat ini

Inilah 10 Jenis Batu Alam Paling TOP Dan Banyak Digunakan

2. Batu Templek 

Batu templek atau batu acak yang merupakan batu jenis lempengan dengan ukuran acak tak beraturan ,batu templek banyak digunakan saat itu pada saat jaman kemerdekaan dan pada saat itu batu templek banyak digunakan dan menjadi batu alam paling populer saat itu oleh para arsitektur,.

Sebagai bukti bahwa batu templek sangat populer pada jaman kemerdekaan dan pra kemerdekaan salah satu nya seperti yang kita lihat pada bangunan bangunan tua jaman dahulu yang hampir tampilan dinding depan rumah nya menggunakan batu jenis Templek.

Batu jenis templek yang paling banyak digunakan pada waktu itu yaitu batu jenis templek salagedang yang berasal dari daerah majalengka jawabarat, 

Namun saat ini batu templek telah di produksi di berbagai daerah seperti batu templek purwakarta, batu templek garut, batu templek malingping, batu templek bandung dan juga batu templek banjarnegara dan masih banyak batu jenis templek lain nya hasil dari bumi indinesia yang kaya akan jenis batuan ini.




3. Batu Palimanan 

Batu Palimanan berasal dari daerah palimanan cirebon jawabarat, batu palimanan mulai dikenal masyarakat sekitar tahun 1950an, batu palimanan terkenal dengan warna krem dengan serat mirip serat kayu yang berwarna cokelat atau disebut dengan batu palimanan Gold palimo, batu palimanan sangat cocok di aplikasikan untuk eksterior dan interior dan mudah sekali untuk mengaplikasikan nya.

Batu palimanan banyak di sukai masyarakat selain corak yang indah juga memiliki harga yang terjangkau, selai intu batu palimanan cocok untuk di aplikasikan pada berbagai tempat seperti pada pagar rumah, dinding, taman pilar area sekitar kolam dan tempat-tempat lain nya, sifat batu palimanan yang lunak dapat dengan mudah dan di kreasikan dengan berbagai model dan bentuk atau motif yang kita sukai.

Saat ini batu palimanan memiliki beberapa jenis, seperti batu palimanan serat kuning, batu palimanan serat coklat, batu palimanan krem dan juga batu palimanan bobos atau batu palimanan gunung kuda, Untuk jenis batu palimanan jenis gold palimo atau batu palimanan serat kuning keemasan saat ini di pasar sudah mulai menghilang dan berkurang karena bahan baku ang sudah tidak memadai lagi.




4. Batu Candi

Batu candi memiliki tekstur yang berwarna gelap dan cenderung berwarna hitam dan berpori-pori kasar, Tampilan batu candi yang sedikit lebih gelap membuat tampilan batu candi membuat sejuk dan nyaman sehingga banyak orang mengaplikasikan nya pada dinding rumah-rumah mereka, sejak dulu batu candi banyak digunakan untuk membuat candi dan arca atau patung.

Kelemahan batu candi yang mempunyai pori besar dapat meresap air sehingga dapat mudah menyebabkan tumbuh nya lumut, maka dari itu batu candi harus melalui perawatan yang sangat baik, untuk mencegah tumbuh nya lumut pada batu candi maka disaran kan untuk melakukan pengotingan atau melakukan pernis pada batu tersebut dengan jenis pernis batu alam khusus untu batu candi.

Inilah 10 Jenis Batu Alam Paling TOP Dan Banyak Digunakan

5. Batu Paras Jogja

Batu yang berasal dari daerah jawa tengah ini memiliki corak warna yang berwarna putih yang cantik dan elegan, selain berwarna putih batu paras jogja juga ada yang berwarna krem yang saat ini menjadi populer , Sifat batu paras jogja yang empuk menjadikan batu jenis ini menjadi favorit bagi para pengrajin batu , baik itu untuk dipahat mauun untuk di aplikasikan pada bangunan atau dinding rumah.

Batu paras jogja mulai dikenal di era tahun 1960an, batu paras jogja dengan tekstur yang cerah dan empuk juga lunak seringkali dengan mudah ditumbuhi oleh lumut, maka dari itu seperti hal nya batu canda dan batu palimanan, batu paras jogja memerlukan perawatan yang khusus dengan melakukan coating batu alam.





6. Batu Hijau Sukabumi

Batu sukabumi memiliki corak berwarna hijau, batu sukabumi berasal dari daerah sukabumi jawabarat, batu yang memiliki tekstur warna hijau nan segar ini banyak di aplikasikan pada kolam, kolam renang , pagar, dinding rumah , batu yang mulai di kenal di tahun 1960an tersebut selain warna nya hijau cerah yang membuat batu tersebut terkenal pada saat itu harganya yang terjangkau, namun berbeda saat ini sejak batu sukabumi banyak di eksport ke luar negri maka harga batu sukabumi saat ini sudah melonjak dengan harga yang cukup tinggi dan hampir menyamai harga batu andesit.


Inilah 10 Jenis Batu Alam Paling TOP Dan Banyak Digunakan


7. Batu Marmer Merah Atau Batu Pacitoroso

Batu yang memiliki corak warana kuning sedikit merah keemasan ini banyak sekali diminati oleh banyak kalangan, batu yang di kenal pada tahun 1930an ini berawal banyak digunakan oleh para bangsawan belanda yang ada di indonesia, tambang batu pacitoroso di sekitar daerah tulungagung ini sampai saat ini masih banyak disukai dan masih banyak di aplikasikan pada dinding eksterior dan juga interior.
Inilah 10 Jenis Batu Alam Paling TOP Dan Banyak Digunakan

8. Batu Marmer Ujungpandang 

Batu yang mempunyai kesan mewah yang berasal dari makasar sulawesi selatan ini banyak digunakan masyarakat hingga saat ini, batu yang sudah terkenal dari tahun 1980an ini banyak digunakan untuk lantai, corak warnanya yang berwarna krem dapat membuat tampilan lantai lebih indah dan tak kalah dengan jenis marmer produk import.

Inilah 10 Jenis Batu Alam Paling TOP Dan Banyak Digunakan

9. Batu Koral Sikat

Batu koral Sikat  yang merupakan jenis batuan kerikil dengan bentuk bulat atau lonjong dan terkadan kurang beraturan ini saat ini banyak digunakan untuk memperindah tampilan bangunan seperti lantai garasi atau carpot dan juga untuk taman, selai itu batu koral juga bisa digunakan untuk filter air kolam renang dan jenis kolam lain nya.

Selain itu batu koral memiliki harga ekonomis dan terjangkau, dengan harga yang terjangau dan banyak pilihan dan juga corak warnanya menjadi pilihan bagi masyarakat untuk di aplikasikan pada finishing rumah.




10. Batu Mozaik Dan Wall Cladding

Sebenarnya Mozaik atau Wall Cladding itu bukan nama batu, akan tetapi nama beberapa jenis batu yang digabung kan atau dirangakai menggunakan jaring khusus dengan lem jenis resin untuk merekatkan nya, 

Asal mula batu mozaik ini terinspirasi dari mozaik porslen atau keramik untuk kolam renang maupun dinding dapur, sebuah ide yang kreatif dan inovatif akhirnya terjadilah pembuatan mozaik atau wall cladding dari batu alam.




Begitu banyak alam memberikan manfaat bagi kita untuk di manfaatkan dengan berbagai keperluan kehidupan manusia yang membuat tampilan hidup kita menjadi lebih hidup.

Untuk mendapatkan batu alam saat ini sudah sangat mudah sekali banyak sekali penjual batu alam di berbagai pelosok, bahkan banyak sekali saat ini menjual batu alam secara online, salah satu nya kami dari CAHAYA ALAM STONE yang menjual berbagai jenis batu alam untuk keperluan anda, 

Selain menjual kami juga sebagai produsen, supayer dan juga distributor batu alam, jika anda berminat membeli batu alam silahkkan kontak kami di kontak yang tersedia.

Demikian lah artikel kali ini tentang 10 Jenis Model Batu Alam Paling Populer Yang Banyak Digunakan, semoga membantu dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan bahan referensi tentang batu alam untuk keperluan bangunan eksterior dan interior bangunan anda, terimakasih semoga bermanfaat.


Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya