Mempermanis Tampilan Batu Alam Rumah Minimalis Dengan Coating

Mempermanis Tampilan Batu Alam Rumah Minimalis Dengan Coating -Menerapkan batu alam rumah minimalis tentu saja bisa merubah penampilan rumah menjadi lebih manis. Sayangnya, kesan itu bisa hilang bila tidak diberikan coating.


Apa sih coating itu? Dan seberapa pentingkan coating untuk batu alam? Coating disebut juga dengan pernis, dan kaitannya dengan batu alam adalah sebagai pelapis, pelindung dan pemercantik tampilan batu.

Dari sini, Anda tentunya tahu setidaknya seberapa pentingnya coating. Pertama adalah untuk pelapis batu agar tidak mudah ditumbuhi oleh lumut, atau dihinggapi debu.

Sementara yang kedua adalah untuk mempercantik tampilan batu. Betapa tidak, pernis batu alam ini nantinya akan menegaskan warna asli dari batu. Jadi, tidak berlebihan jikalau Anda menerapkannya di permukaan batu.

Untuk mempertegas warna batu, sudah semestinya jika Anda memilih pernis yang tepat. Artinya, pernis batu tadi bukan membuat warna asli batu tersamarkan, tapi lebih terang sesuai dengan jenis batu yang digunakan.
Nah, agar Anda tidak salah pilih coating, ada baiknya jika Anda kenali jenis-jenis coating di bawah ini!

1. Coating Natural

Coating yang natural adalah sejenis pernis yang nantinya akan membuat batu tampak lebih natural. Dan kelebihannya adalah untuk menghalangi tumbuhnya lumut di permukaan batu.


Untuk jenis coating ini, yang paling tepat adalah digunakan pada jenis batu yang punya warna lebih terang, cream atau yang memiliki motif serat.
Diantara contoh batu yang cocok diberikan coating natural adalah batu palimanan atau batuan sejenis yang punya warna lebih mencolok.

Intinya, jika Anda ingin kesan batu alam yang terpasang tampak lebih natural, gunakan coating yang jenisnya natural ini.

2. Coating Gloss

Selain coating natural, ada juga coating gloss. Coating ini sebenarnya tidak berbeda dengan coating natural, yakni digunakan pada batu yang punya warna terang.

Meskipun begitu, coating jenis ini juga tetap bisa digunakan pada batuan yang warnanya tidak terang. Karena coating ini juga sesuai.

Bila coating natural memberikan kesan alami pada batu, maka coating gloss akan memberikan kesan batu nampak lebih mengkilap.

Kesan mengkilap dari permukaan batu ini jelas membuat tampilan batu alam akan sangat menarik. Malahan sangat mewah jika diterapkan pada batu. Nah, bilamana Anda mau membuat tampilan batu lebih mengkilap, coba terapkan coating gloss ini.

3. Coating Doff

Coating yang ketiga adalah coating doff. Jenis ini paling sesuai bila diterapkan pada batu adhesit yang mana seringkali diterapkan di eksterior rumah.

Coating doff ini beda dengan coating yang sebelumnya. Yakni memberikan kesan batu terlihat basah, tentunya tanpa membuat warna batu hilang.

Kekurangannya adalah coating jenis ini tidak memberikan efek mengkilap. Tapi ini bukan menjadi masalah serius, karena yang ditonjolkan bukan mengkilap, namun basah yang menjadi ciri khas batu alam.

4. Coating Hitam

Jenis pernis batu alam yang mana bisa mempertegas warna asli batu adalah coating hitam. Berhubung coating ini berwarna hitam, maka batu alam yang cocok dilapisi pernis ini adalah batu candi.

Coating ini nantinya akan membuat warna batu candi lebih pekat hitam, dan kesannya lebih alami. Selain itu, coating ini juga menjadi pelindung dari kotoran yang mungkin muncul di pori-pori batu candi.

Meskipun kebanyakan coating ini untuk batu candi, tapi saat ini sudah ada yang menerapkannya pada batu adhesit. Hanya saja, coating akan lebih sesuai jika digunakan pada permukaan batu candi.

Kesimpulannya, coating yang sesuai bisa mempermanis tampilan batu. Jadi, sebelum memilih coating, perhatikan dulu batu alam rumah minimalis yang Anda miliki.


Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya